Mohon tunggu...
Hmi Al Tsawrah
Hmi Al Tsawrah Mohon Tunggu... Official Akun HMI Al-Tsawrah

Komisariat Al-Tsawrah KORKOM UNISMA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Konservasi Sejarah Pahlawan Nasional

18 November 2019   02:35 Diperbarui: 18 November 2019   02:40 0 1 0 Mohon Tunggu...
Konservasi Sejarah Pahlawan Nasional
dokpri

Bapak bangsa Indonesia Ir. Soekarno pernah mengatakan bahwa "Bangsa yang Besar adalah bangsa yang Menghargai jasa para Pahlawan".

Berbicara konservasi sejarah merupakan suatu keharusan bagi tiap-tiap individu. Karena ia adalah bukan saja bagian yang pernah hadir lalu kemudian sirna, Namun perlu kemudian butuh pelestarian terutama sebagai nutrisi yang akan menjadikan panduan hidup dalam menentukan arah kemajuan Bangsa.

Memahami proses perjuangan dan pengorbanan para pahlawan tentunya bukanlah sesuatu hal yang sangat sulit, karena ia hanya membutuhkan modal semangat membaca dari berbagai bingkai Biografi hidup (Pahlawan) yang telah tersedia dari berbagai literatur sejarah. Bagi penulis yang menjadi jauh lebih sulit ialah sejauh mana kita mampu menginternalisasikan Nilai-nilai tersebut dalam proses Dinamisasi kehidupan di era milenium ke-3 ini.

Internalisasi maupun mengartikulasikan dalam setiap gerak, sebagai bentuk patriotisme adalah bagian yang tak terpisahkan dalam bingkai "Penghargaan dan Penghormatan" terhadap para Pahlawan. Untuk itu, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan tersebut harus kemudian kita mampu mengindahkan amanah para pahlawan.

Sebagai perwujudan nyata untuk mengindahkan itu, tentunya dengan melalu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan masyarakat adil makmur. Sehingga tercipta keharmonisan yang Berkeadaban serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Karena semangat patriotisme yang berapi-api dari para pahlawan adalah hadir atas eksploitatif yang tidak berperikemanusiaan.

Semangat para pahlawan dalam mempertaruhkan masa depan bangsa dan menjunjung tinggi tentang Kemanusiaan dalam mengusir penjajah sudah menjadi keniscayaan yang tidak bisa kita pungkiri dalam perjalanan bangsa Indonesia.

#Bahagia_HMI
#Jayalah_Kohati

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x