Mohon tunggu...
H.M.Hamidi
H.M.Hamidi Mohon Tunggu... Lainnya - Berusaha Berdo'a Bersyukur Berpikir Positif

Pekerja Sosial, Pelaku Pemberdayaan, Praktisi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mulailah Menulis dengan "FDI"

15 Juni 2021   14:26 Diperbarui: 15 Juni 2021   14:41 15 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mulailah Menulis dengan "FDI"
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menulis merupakan kegiatan yang setiap hari dilakukan oleh setiap orang. Seorang pedagang menulis tentang catatan barang dan keuntungan yang diperolehnya. Demikian juga dengan profesi lainnya. Apalagi sebagai seorang guru.

Guru sebagaimana yang disebutkan dalam sistem pendidikan nasional kita tenaga profesional mempunyai tanggung jawab menjadikan siswanya menjadi orang yang terpelajar, terdidik, terbina, terbimbing dan bernilai yang dilandasi oleh akhlak mulia.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan sebagai seorang guru adalah dengan belajar membuat tulisan berdasarkan pengalamannya sebagai pendidik. Karena dengan tulisan tersebut dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional kita bahkan dapat meningkatkan karir sebagai guru profesional yang berdampak terhadap kesejahteraanya.

Lalu bagaimana memulai menulis agar menjadi artikel yang baik dan benar. Mulailah dengan FDI (Fakta, Data dan Informasi).

Fakta adalah sesuatu yang kita lihat, kita dengar, kita alami, kita hadapi, kita diskusikan dan kita rasakan dalam aktivitas sehari hari.

Tulisan yang dibuat berdasarkan fakta akan memudahkan kita untuk memulai menulis. Karena kita hanya menyalin apa saja yang kita lihat, kita alami, kita rasakan dan seterusnya.

Yang kedua adalah Data. Dari fakta yang ada tentu kita akan mendapatkan data. Misalkan ketika proses pembelajaran sedang berlangsung didalam kelas. Seorang guru yang sedang mengajar menemukan siswa yang tertidur, atau ribut dan lain sebagainya maka guru tersebut sudah pasti mendapat jumlah siswa yang tidur, ribut atau yang serius mengikuti proses pembelajaran,  jumlah siswa itulah yang dinamakan data.

Data  merupakan hasil dari pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa kata-kata maupun angka. Dari data inilah yang dapat membantu kita untuk membuat tulisan yang baik.

Yang ketiga Informasi. Informasi adalah salah satu sumber pengetahuan. Infarmasi dapat diperoleh dari panca indra kita. Informasi juga bisa kita dapatkan dari membaca, diskusi dan kegiatan lainnya. Agar tulisan yang kita buat semakin baik, maka informasi yang bersumber dari buku atau pertemuan ilmiah lainnya dapat dijadikan dasar dan rujukan untuk membuat tulisan.

Salam Literasi

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x