Mohon tunggu...
Hikmah MutiaraFitri
Hikmah MutiaraFitri Mohon Tunggu... -

Universitas Satya Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tenaga Pendidik Dituntut untuk Lebih Kreatif dalam Mengajar di Masa Pandemi

14 Juni 2021   16:33 Diperbarui: 14 Juni 2021   16:49 22 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tenaga Pendidik Dituntut untuk Lebih Kreatif dalam Mengajar di Masa Pandemi
Dokumen pribadi

Jakarta - Peran Guru semakin mulia di tengah Pandemi Covid-19. Proses belajar mengajar harus dipastikan berjalan dan tentu memerlukan tekad yang kuat dari guru untuk mengajak murid-muridnya tetap belajar di masa pandemi, mereka berperan lebih dalam mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan peserta didik.

Dalam situasi luar biasa ini, Ihsaniyah Ika merupakan guru pengajar di Bimba AIUEO, Bendungan Hilir, Jakarta. Ia mengatakan, dimasa pandemi saat ini semakin sulit untuk menyampaikan materi karena muridnya merupakan anak-anak dini, yaitu usia 4 hingga 6 tahun yang saat belajar harus memerlukan keceriaan dan tidak membosankan agar tetap mau memahami materi yang dijelaskan.

"Karena berhubung saya mengajar anak usia dini jadi yang paling utama saya lakukan agar murid dapat bertahan adalah membuat suasana kelas menyenangkan, agar anak tidak bosan dan semangat terus belajarnya," ujar Ika, Minggu (13/6/2021).

Proses pembelajaran jarak jauh (Daring) membuat para guru harus berjuang lebih keras untuk bisa menyampaikan materi, agar para muridnya bisa memahami materi yang di sampaikan dengan maksimal.

"Pagi sampai siang biasanya saya mengajar, karena pandemi jadi saya memberikan materi secara online via zoom. Menurut saya menjadi seorang tenaga pendidik sangat menyenangkan karena dapat membimbing anak dari yang tidak tahu menjadi tahu," Ungkapnya.

Awalnya Ika hanya iseng untuk coba-coba, tapi setelah masuk ke institusi Bimba ini dimana setiap pekannya ia mendapat bimbingan secara langsung oleh pendirinya hingga akhirnya mendorong Ika untuk tetap menjadi tenaga pendidik.

VIDEO PILIHAN