Mohon tunggu...
Hizkia
Hizkia Mohon Tunggu... Freelancer - A Football Enthusiast

You have to fight to reach your dream. You have to sacrifice and work hard for it. - L. Messi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Carles Puyol: Panglima Tempur Bintang Lima yang Pernah Dimiliki Barcelona

12 Agustus 2021   06:00 Diperbarui: 12 Agustus 2021   06:02 346 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Carles Puyol: Panglima Tempur Bintang Lima yang Pernah Dimiliki Barcelona
(Sumber Foto: reddit.com, spox.com, dan magazinespain.com)

Dalam sebuah pertandingan sepak bola yang melibatkan sebelas pemain dalam satu tim di lapangan, dibutuhkan seorang yang menjadi kapten. Kapten merupakan sosok yang menjadi pemimpin buat kesepuluh pemain lainnya dalam sebuah tim ketika sedang bertanding.

Menurut peraturan FIFA, tugas resmi seorang kapten tim sepak bola, yaitu berpartisipasi dalam pelemparan koin untuk menentukan daerah lapangan sebelum memulai pertandingan atau saat babak adu penalti. Kapten juga bertugas sebagai juru bicara tim yang berhak melakukan protes terhadap pengambilan keputusan wasit selama pertandingan berlangsung.

Selain menjadi juru bicara tim di lapangan, seorang kapten dituntut untuk bisa mengontrol emosi pemain lainnya, menjadi “penyambung lidah” pelatih bagi pemain lainnya, dan bisa memotivasi dan meningkatkan semangat timnya.

Sosok pemain yang paling lama mengabdi untuk tim tersebut, pemain yang telah berusia tua, atau pemain yang memberi pengaruh besar untuk timnya biasanya dijadikan indikator bagi sebuah tim untuk memilih seorang kapten.

Klub raksasa La Liga Spanyol, FC Barcelona, baru-baru ini menunjuk Sergio Busquets sebagai kapten baru yang berlaku mulai musim 201/22 setelah kapten sebelumnya, Lionel Messi, resmi meninggalkan Barcelona pada Jumat lalu (6/8/2021).

Pemilihan Busquets sebagai kapten baru tersebut karena dirinya merupakan sosok yang saat ini paling lama membela Blaugrana (julukan Barcelona) dibandingkan dengan rekan-rekannya lainnya. Pemilihan kapten Barcelona berdasarkan sosok pemain yang paling lama mengabdi untuk tim tersebut sudah menjadi tradisi bagi klub yang bermarkas di Stadion Camp Nou.

Para pendahulu Busquets, seperti Messi, Andrés Iniesta, Xavi Hernández, dan Carles Puyol, merupakan segelintir pemain yang ditunjuk menjadi kapten Blaugrana karena pada saat penunjukannya merupakan pemain yang paling lama berseragam biru-merah.

Penunjukan kapten berdasarkan pemain mana yang paling lama berkarier untuk tim tersebut tidak serta-merta membuat pemain yang ditunjuk otomatis langsung menjadi sosok teladan bagi kawan-kawannya ketika bertanding. Kapten dituntut untuk berproses agar bisa mengemban tugas-tugas seperti yang telah dijelaskan pada paragraf ketiga tulisan ini.

Jika penggemar Barcelona ditanya siapakah sosok kapten yang paling dirindukan dari empat nama mantan kapten pendahulu Busquets, yakni Messi, Iniesta, Xavi, dan Puyol, pastilah sebagian besar menyebutkan nama Puyol.

Carles Puyol menjabat kapten sejak pendahulunya, Luis Enrique, memutuskan pensiun pada akhir musim 2003/04. Pemain lulusan akademi La Masia ini menjadi kapten Blaugrana selama 10 musim sehingga menjadikan dirinya sebagai kapten dengan masa jabatan paling lama sejak klub tersebut berdiri pada 1899.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan