Mohon tunggu...
Hidayah Qudus
Hidayah Qudus Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer, Full time Blogger

Pemilik blog https://hiqudsstory.com dan https://mlaqumlaqu.com. Akun instagram @hiquds, twitter @hi_quds

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mulyaharja Desa Wisata, Potensi Berwisata sambil Belajar

11 November 2022   22:46 Diperbarui: 11 November 2022   23:00 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Agro EduWisata Organik Mulyaharja, dokpri: @hiquds

Mengunjungi desa yang masih asri dengan hamparan sawah dan perkebunan serta udaranya yang sejuk, sejenak dapat menghempaskan kepenatan ramainya suasana Ibukota. Kebayang makan siang di tengah sawah ditemani angin semilir, hijaunya hamparan sawah yang baru selesai di tanam, duuh rasanya susah untuk mendapatkan situasi seperti ini di Jakarta. Nggak heran, sewaktu mendapatkan kesempatan mengunjungi salah satu desa wisata di daerah Bogor ini saya sangat excited sekali. 

Desa Mulyaharja merupakan salah satu desa wisata yang berlokasi di Mulyaharja, Bogor Selatan yang mempunyai potensi pariwisata sekaligus potensi edukasi yang cukup besar terbukti dengan menjadi tempat edukasi bagi wisatawan yang datang. Mengusung konsep agro wisata dan wisata pendidikan, desa Mulyaharja ini menjadi Agro EduWisata Organik yang menarik untuk dikunjungi.

Di sini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan persawahan dan pegunungan di kejauhan, tapi juga bisa belajar berbudidaya organik, seperti mengolah sampah dan juga membuat pupuk organik.  Dengan lahan persawahan dan penghijauan yang luas, desa wisata Mulyaharja menjadi tempat yang menarik untuk dijelajahi ditambah lagi dengan keramahan masyarakatnya dalam menerima tamu yang berkunjung.

Akses menuju desa Mulyaharja ini juga termasuk mudah dan menjadi desa wisata ramah berkendara karena salah satu program yang ada di desa tersebut yaitu eco bike dimana para pesepeda dapat menyusuri persawahan menggunakan sepeda dan tersedia jalurnya. Hal ini tentu menjadi salah satu daya tarik pengunjung dan berpotensi membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar. 

dokpri: @koteka
dokpri: @koteka

Bukan itu saja, dengan dibukanya akses desa wisata Mulyaharja ini juga membuka peluang masyarakat sekitar dalam usaha penyediaan penginapan berupa home stay, rumah makan, dan juga pusat oleh-oleh. 

Hal tersebut sejalan dengan Festival Kreatif Lokal (FKL) yang digagas Adira Finance sebagai upaya mendukung pemerintah dalam memulihkan perekonomian Indonesia. Potensi yang ada di desa wisata Mulyaharja ini dapat terus dieksplor dan dikembangkan seiring berbagai program yang dijalankan diantaranya Festival Pasar Rakyat yang tentunya akan menghadirkan aneka produk kreatif masyarakat setempat.

dokpri: @koteka
dokpri: @koteka

Tidak berlebihan kiranya jika Agro EduWisata Organik Mulyaharja ini bisa menjadi salah satu desa wisata ramah berkendara yang dilirik Adira Finance seperti desa wisata lainnya. Apalagi desa wisata Mulyaharja termasuk dalam nominasi 300 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Kapan lagi bisa berwisata sekaligus belajar di desa wisata Mulyaharja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun