Mohon tunggu...
Hidayah Qudus
Hidayah Qudus Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer, Full time Blogger

Ibu rumah tangga, pemilik blog www.hiqudsstory.com. Akun instagram @hiquds, twitter @hi_quds

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mengintip dari Dekat Kereta Api di Open House Balai Yasa, Stasiun Manggarai

29 September 2022   18:09 Diperbarui: 29 September 2022   18:14 171 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu transportasi umum yang sering saya gunakan yaitu kereta api, baik itu kereta jarak jauh maupun kereta jarak dekat seperti commuter line. Ketika memasuki stasiun dan menaiki kereta, sering kali terlintas seperti apa ya perawatan dan pemeliharaan kereta yang dilakukan di tiap-tiap stasiun. 

Kebetulan sekali dalam rangka memperingati HUT ke 77, PT KAI menyelenggarakan Open House di Balai Yasa, stasiun Manggarai selama 3 hari sejak tanggal 26-28 September 2022. Open House ini selain diselenggarakan di Jakarta juga diselenggarakan di Balai Yasa Yogyakarta pada 23-25 September dan Balai Yasa Surabaya pada 25-30 September, dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Untuk dapat mengikuti acara Open House tersebut, pengunjung diminta untuk melakukan registrasi online sebelumnya dan ketika tiba di lokasi pengunjung melakukan verifikasi data. Saya mengunjungi Open House di Balai Yasa, stasiun Manggarai pada hari kedua yaitu hari Selasa (27/09) sesi kedua. Untuk membatasi pengunjung yang mengikuti sesi tour, PT KAI memberlakukan dua sesi yaitu sesi pertama pada pukul 09.00-13.00 dan sesi kedua pukul 13.00-15.00. Selama mengikuti tour Balai Yasa, pengunjung diwajibkan mengenakan sepatu dan helm yang disediakan oleh panitia.

Bersama member Clickompasiana, dokpri @muthiah
Bersama member Clickompasiana, dokpri @muthiah

Dengan adanya Open House Balai Yasa ini PT KAI ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui seluk beluk kereta di Balai Yasa sekaligus memberikan edukasi. Balai Yasa sendiri merupakan tempat atau bengkel perawatan sarana perkeretaapian, seperti lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang dan yang lainnya, dengan periode dua tahunan dan empat tahunan dengan tingkat kesulitan yang kompleks. Berbeda dengan Depo yang melakukan perawatan rutin harian, enam bulanan dan tahunan yang lebih ringan.

Selain mengunjungi tempat workshop sarana perkeretaapian, pengunjung juga mendapat kesempatan untuk melihat-lihat koleksi foto perkeretaapian dari masa ke masa yang ada di ruang auditorium selama Open House berlangsung. Menariknya lagi, pengunjung juga dapat melihat dan merasakan suasana gerbong kereta yang ada seperti gerbong kereta Priority, kereta Joko Kendil, serta gerbong lokomotif. 

Area Balai Yasa stasiun Manggarai, dokpri @hiqud
Area Balai Yasa stasiun Manggarai, dokpri @hiqud

Tour Balai Yasa, dokpri @hiquds
Tour Balai Yasa, dokpri @hiquds
Memasuki area Balai Yasa stasiun Manggarai serasa memasuki hanggar pesawat, luas, lapang dengan bangunan workshop yang tinggi dan jalur-jalur rel kereta api. Banyak pengunjung yang antusias mengikuti serangkaian tour dengan mengabadikannya berupa foto dan video. Selesai mengikuti tour, pengunjung dapat mengunjungi stand UMKM dan juga mengikuti aneka games yang diadakan panitia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan