Mohon tunggu...
Hidayah Qudus
Hidayah Qudus Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer, Full time Blogger

Ibu rumah tangga, pemilik blog www.hiqudsstory.com. Akun instagram @hiquds, twitter @hi_quds

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Autonomous Electric Vehicle, Mobil ListrikTanpa Awak Kemudi dengan Konsep Green Technology

10 September 2022   13:55 Diperbarui: 10 September 2022   14:03 163 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Di depan Autonomous Electric Vehicle, dokpri @hiquds

Kalau membayangkan kehidupan masa depan dengan kecanggihan teknologinya, saya suka membayangkan berkendara dengan kendaraan yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dan tanpa awak kemudi seperti yang sering saya lihat di film-film kartun. Kendaraan tersebut tidak memerlukan bahan bakar minyak, tapi mengandalkan tenaga listrik. Ternyata apa yang saya lihat di film kartun dan saya bayangkan tuh kini mulai terealisasi. Autonomous Electric Vehicle atau kendaraan listrik tanpa awak kemudi sejak 3 bulan lalu hadir di area BSD, Tangerang Selatan tepatnya di QBig. Mulai bulan ini kendaraan berkonsep Green Technology itu hadir di area Green Office Park, The Breeze, BSD.

Hari Kamis (08/09) lalu saya berkesempatan mencoba menaiki autonomous vehicle tersebut, tapi sebelumnya saya mengunduh aplikasi One Smile yang merupakan aplikasi yang memudahkan penghuni di area BSD. Sinar Mas Land selaku pengembang kawasan BSD tersebut memang selangkah lebih maju dalam mengedepankan teknologi, dalam hal ini melakukan uji coba autonomous vehicle di kawasan BSD. Melalui aplikasi One Smile tersebut kita akan mendapatkan tiket yang dapat kita gunakan untuk menaiki autonomous vehicle tersebut. Tentunya sebelum mendapatkan tiket tersebut kita harus melakukan registrasi baik itu sebagai penghuni ataupun pengunjung. Selesai melakukan registrasi lalu kita diminta untuk mengisi survey hingga selesai dan mendapatkan tiketnya.

sumber foto: edit by canva, dokpri @hiquds
sumber foto: edit by canva, dokpri @hiquds

Bekerja sama dengan Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land mengoperasikan Autonomous Electric Vehicle yang bermerk Navya Arma ini hanya untuk kawasan BSD. Navya Arma yang merupakan buatan Perancis untuk desain dan bodynya, sedang untuk mesin dan teknologinya buatan Jepang ini memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Dimensi kendaraan listrik ini berdimensi 4,7m x 2,1m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri. 

Dalam menjalankan kendaraan listrik ini, Navya Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.


Cakupan sensor yang ada di autonomous vehicle ini berjarak hanya 3 meter, jadi apabila dalam jarak tersebut terdeteksi benda sebagai penghalang maka sensor akan memberi tanda dan kendaraan tersebut akan berhenti apabila penghalang tersebut masih dalam jarak sensor. Seperti yang terjadi ketika saya menaiki kendaraan tersebut dan di perjalanan terdapat sepeda motor yang parkir dan terkena sensor, maka kendaraan listrik Navya Arma ini berhenti. Berhubung sepeda motor yang terparkir tersebut tidak ada pengemudinya, maka kendaraan listrik pun mengalihkan kemudinya dengan menggunakan joy stick secara manual. Setelah kembali di jalurnya, maka kemudi kembali secara otonom.

So far sih, saya merasa nyaman ketika berada dalam kendaraan listrik otonom ini. Para penumpang diminta tetap menggunakan masker ketika berada di dalam kendaraan dan menggunakan seat belt sebagai pengaman. Tampilan dalam kendaraan listrik ini terlihat sekali aura Hi Tech nya dengan warna biru cerah. Suspensinya juga sudah diatur untuk menambah kenyamanan penumpang. Walaupun tidak menggunakan awak kemudi, tapi tetap ada operator dan petugas keamanan selama berkendara. Keberadaan petugas operator dan keamanan tersebut untuk memberi masukan apabila ada kendala selama perjalanan, seperti ketika ada motor yang parkir sembarangan dan kendali kendaraan dialihkan dengan menggunakan joy stick.

Nah, yang penasaran pengen cobain juga naik Autonomous Electric Vehicle ini, sila unduh aplikasi One Smile untuk mendapatkan tiketnya. Oiya, jam operasi kendaraan ini mulai pukul 10.00 hingga 17.00 sore dan melakukan pengisian listrik di jam 12.00-13.30 WIB. Yuk cobain naik Autonomous Vehicle di The Breeze, BSD.

sumber foto:dokpri @hiquds
sumber foto:dokpri @hiquds

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan