Mohon tunggu...
Himawan P
Himawan P Mohon Tunggu... -_-

Linguistik + Desain Grafis

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

24Slides, Perusahaan Desain Grafis Bersertifikat "B Corp" di Kota Malang

1 Agustus 2019   16:55 Diperbarui: 1 Agustus 2019   17:02 95 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
24Slides, Perusahaan Desain Grafis Bersertifikat "B Corp" di Kota Malang
Sumber: 24slides.com

            Sebuah perusahaan desain grafis internasional di kota Malang, 24Slides, telah meraih sertifikat mendapat label "Certified B Corporation" berkat berbagai inisiatif yang memberikan dampak positif bagi lingkungan kerja serta masyarakat sekitar. Sejak resmi didirikan di tahun 2012, telah banyak program non-bisnis yang diwujudkan para pemuda 24Slides. 

Selain itu, fasilitas dan aktivitas internal bagi para karyawan juga menjadi dua faktor penting dalam sertifikasi tersebut. Dikategorikan sebagai bisnis di sektor Service with Minor Environmental Footprint, 24Slides telah menjadi bagian dari B Corp sejak September 2018.

            B Corporation - juga dikenal dengan sebutan B Corp - adalah sertifikasi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memenuhi standar tertinggi di bidang sosial, lingkungan, transparansi publik, serta akuntabilitas dalam menjaga keseimbangan antara keuntungan dan visi perusahaan. Saat ini 2.933 perusahaan dari 150 bidang industri di 64 negara telah terdaftar sebagai perusahaan bersertifikat B Corp. 

Sejauh ini, hanya Danone Aqua Indonesia yang banyak diketahui sebagai perusahaan bersertifikat B Corp, dan memang hanya perusahaan tersebut yang bisa ditemukan di situs bcorporation.net di daftar perusahaan Indonesia. Lalu, mengapa 24Slides sebagai perusahaan internasional luput dari sorotan media?

            Pusat produksi 24Slides memang berada di kota Malang, tepatnya di Jalan Tumenggung Suryo 141, tetapi kantor bisnis perusahaan yang didirikan oleh Tobias Schelle berada di Copenhagen, Denmark. Inilah mengapa perusahaan ini terdaftar sebagai perusahaan Denmark di situs bcorporation.net walaupun hampir semua program yang dijalankan bertempat di Indonesia. Di situs resmi B Corp tersebut, disebutkan bahwa empat kekuatan utama 24Slides ada di bidang governance (manajerial), workers (kepegawaian), community (komunitas), dan environment (lingkungan).

            Dalam beberapa tahun terakhir, 24Slides terus berinovasi dalam membuat program baru yang tentunya penuh manfaat. Salah satu yang terbaru adalah pengurangan dampak penggunaan alat transportasi dengan carpool (memberikan tumpangan searah), mengendarai sepeda, dan berjalan kaki. Para relawan 24Slides juga aktif dalam mengadakan serta mengikuti kegiatan penggalangan dana bagi mereka yang membutuhkan, seperti program 24Charity untuk membantu para korban bencana alam di Palu 2018. 

Di bidang pendidikan dan ketenagakerjaan, 24Slides telah menerima kunjungan-kunjungan industri sekolah dan universitas dari berbagai kota di Indonesia. Untuk para karyawan, ada program kelas Bahasa Inggris dan 24Academy yang membantu pengembangan diri tiap individu di banyak bidang. 

Dalam beberapa pelatihan khusus seperti workshop komunikasi, "Zero Waste" (gaya hidup bebas sampah), dan "Fire Safety" (proteksi kebakaran), 24Slides bekerja sama dengan para pakar di bidangnya, termasuk UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang salah satunya. Tentu saja masih banyak program lain yang sudah dan masih berlangsung.

            Di awal tahun 2019, 24Slides membuka kantor produksi baru di Lima, Peru sebagai upaya mengoptimalkan layanan dalam mengimbangi pesatnya peningkatan jumlah pelanggan dari berbagai negara dan zona waktu. Hal ini menjadi awal baru dalam memberikan pengaruh positif ke sekitar. Dengan lebih dari 100 karyawan tersebar di tiga benua, 24Slides memiliki jangkauan yang lebih luas dalam mengemban visi dan misi perusahaan. 

"Saya pikir sudah menjadi bagian dari budaya kami untuk memikirkan bagaimana kami memberikan pengaruh pada lingkungan, baik dalam hal negatif maupun positif, dan ini telah memicu berbagai inisiatif dari para karyawan seperti donasi makanan, penggalangan dana untuk korban gempa, dan pemilahan sampah", ujar Tobias, CEO 24Slides. Pria yang gemar berolahraga ini juga menambahkan bahwa budaya tersebut menjadi jauh lebih berkelanjutan dibandingkan dengan hanya bergantung pada jajaran atas untuk mempengaruhi organisasi dalam melakukan inisiatif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x