Mohon tunggu...
Himatus Suroya
Himatus Suroya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Geophysics

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKM-DR UIN Malang: Edukasi Sains Experiment

29 Januari 2022   17:50 Diperbarui: 29 Januari 2022   18:17 133 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKM-DR UIN Malang : Edukasi Sains Experiment, dokpri

Kelompok Mahasiswa KKM-DR UIN MALANG yang berada didaerah Dusun Lebo Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, berinovasi untuk membantu siswa/siswi sekolah MI Raden Patah untuk mempermudah memahami materi terkait ilmu sains.

Kegiatan praktikum ini dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Januari 2022. Sasaran kegiatan ini adalah siswa/siswi MI Raden Patah kelas 5 dan 4 dengan dua rombel setiap kelasnya.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari nilai-nilai Tri Dharma perguruan tinggi, dalam hal ini yakni pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memajukan pendidikan khususunya dalam proses belajar mengajar yang efektif.

Proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan mampu membantu siswa menerima materi dengan mudah, mendapatkan hal baru serta lebih aktif dan berpikir kritis dalam memahami sebuah topik. Salah satu komponen pembelajaran yang mendukung terjadinya pembelajaran yang menyenangkan dan efektif adalah media pembelajaran.

Dengan melihat dan menganalisa hal tersebut, Kelompok KKN-DR Dusun Lebo menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dengan adanya kegiatan ini siswa/siswi MI Raden Patah dapat memahami materi terkiat sains dengan mudah.

Praktikum Viskositas Pelangi, dokpri
Praktikum Viskositas Pelangi, dokpri

Praktikum Gunung Meletus, dokpri
Praktikum Gunung Meletus, dokpri

Praktikum  Balon Gas Karbondioksida, dokpri
Praktikum  Balon Gas Karbondioksida, dokpri

Praktikum yang dilakukan pada kegiaatan ini adalah Pembuktian Viskositas pada zat cair dengan menggunakan cairan yang berbeda -- beda sehingga dapat dibentuk seperti Pelangi. Praktikum yang kedua yaitu pencampuran dua zat yaitu zat asam dan zat basa yang menghasilkan PH Netral. Pada Praktikum ini zat asam yang digunakan adalah Cuka dan zat basa yang digunakan adalah baking soda. Pencampuran dua zat tersebut menghasilkan gas karbondioksida, yang diimplementasikan pada lava gunung berapi, dan balon gas Karbondioksida

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan