Mohon tunggu...
Hilwa HafizhaTajalla
Hilwa HafizhaTajalla Mohon Tunggu... Lainnya - "Indonesia tak tersusun dari batas peta, tapi gerak dan peran besar kaum muda." -Najwa Shihab

Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi yang tertarik dengan public speaking, seni, bahasa, dan tentunya tulisan maupun karya sastra.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Ayo Kenalan sama "Kawaii Metal" yang Satu Ini!

17 Maret 2021   14:45 Diperbarui: 17 Maret 2021   14:55 1380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: nocleansinging.com

Buat kalian yang hobi dengerin musik metal, kalian suka dengerin metal band dari negara mana aja? Dan sejak kapan kalian tertarik sama musik metal? Karena iseng dengerin terus langsung suka, atau gara-gara dikenalin musik metal sama keluarga, atau diracunin lagu-lagu metal sama temen tongkrongan, mungkin?

Saya sendiri tertarik dengan musik metal setelah mendengar beberapa lagu dari band yang bernama Avenged Sevenfold, yang berjudul So Far Away, Hail To The King, Dear God, Scream, dan beberapa lagu lainnya yang enak didengar menurut saya.

Saya mengenal lagu-lagu metal ini melalui keluarga saya, tepatnya tante, om, dan sepupu saya. Dari merekalah akhirnya saya menyelam ke dunia musik metal dan mengenal banyak metal dan heavy metal band dengan lagu-lagunya yang dapat memicu semangat.

Ketika saya sedang berselancar di aplikasi pemutar lagu bernama spotify, ada sebuah metal band yang menarik perhatian saya karena anggota dari metal band tersebut perempuan. Karena selama ini saya hanya mengenal metal band yang anggotanya laki-laki semua, begitu melihat metal band yang satu ini, saya langsung tertarik walaupun belum mendengarkan lagunya satu pun.

BABYMETAL. Begitu nama bandnya. Hal pertama yang saya pikirkan setelah melihat nama bandnya adalah saya mengira band ini membawakan musik-musik metal dengan 'memperkenalkan' anggotanya yang merupakan perempuan-perempuan imut, dan saya yakin band ini bukanlah band dari negara barat, namun dari Asia, mungkin Asia Timur.

Dan benar saja, band ini berasal dari Jepang. Saya baru tahu band ini pada tahun 2020, namun ternyata band ini sudah aktif sejak tahun 2010. Karena saya rasa yang mendengarkan lagu-lagu dari BABYMETAL ini biasanya tak jauh-jauh dari orang-orang yang suka jejepangan dan lagu metal, maka saya berniat memperkenalkan band ini kepada para pembaca sekalian, siapa tahu kalian tertarik juga.

BABYMETAL merupakan grup tari dan vokal (band) yang beraliran experimental metal dan terbentuk pada tahun 2010 sebagai sub-unit dari grup idola Sakura Gakuin. Band ini terdiri dari 3 gadis yang bernama Suzuka Nakamoto (SU-METAL), Yui Mizuno (YUIMETAL), dan Moa Kikuchi (MOAMETAL). Saat band ini terbentuk, ketiga anggota tersebut tidak ada yang tahu apa itu musik metal sebelumnya.

Band ini pertama kali tampil secara langsung pada tanggal 28 November 2010, di konser solo pertama Sakura Gakuin. Lagu pertama mereka berjudul "Doki Doki Morning" yang sebenarnya diterbitkan pada April tahun 2011 di album Sakura Gakuin. Video musik pertama milik BABYMETAL diterbitkan pada 12 Oktober 2011 di Youtube oleh channel Toy's Factory, dengan judul yang sama seperti lagu pertamanya.

Lalu pada Agustus 2012, BABYMETAL memulai debutnya di Japan's Summer Sonic Festival. Dengan usia anggota rata-rata 12 tahun, band tersebut menjadi penampilan band termuda yang pernah tampil di disana. Pada tahun yang sama, band ini juga menandai tour Asia pertamanya ke luar Jepang untuk pertama kalinya di AFA 2012 Singapura.

Album pertamanya dirilis pada 26 Februari 2014 oleh Toy's Factory. CD Album ini berisi 5 lagu singel milik BABYMETAL yang pernah dirilis pada tahun 2011 hingga 2013, dari "Doki Doki Morning" yang merupakan singel digital hingga "Megitsune", sisi-B, dan 3 lagu baru.

Album ini mencapai peringkat keempat dalam Oricon Weekly Charts dan bahkan terjual 37.463 salinan dalam minggu pertama, menduduki peringkat kedua di Billboard Japan, dan juga menduduki peringkat ke-187 di Billboard 200 Amerika Serikat. Ini merupakan salah satu posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album Jepang di chart tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun