Mohon tunggu...
Hilmy Ibrahim
Hilmy Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Universitas Brawijaya, jurusan Bisnis Digital & E-Commerce

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apasih Brand Loyalty? Pengertian, Indikator, dan Cara Membangun

28 Januari 2023   07:18 Diperbarui: 30 Januari 2023   09:11 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kesetiaan konsumen terhadap suatu merek merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari berapa kali konsumen melakukan pembelian ulang produk tersebut. Lalu, apa yang dapat menjadi indikasinya? Bagaimana cara membangun loyalitas merek? Temukan jawabannya di sini!

Apasih Brand Loyalty?

Dikutip dari Casa Kreatif brand loyalty adalah suatu kondisi di mana konsumen memilih untuk terus membeli produk atau jasa dari suatu merek yang sama, meskipun ada produk atau jasa lain yang lebih murah atau lebih berkualitas. Konsumen yang loyal terhadap suatu merek akan terus membeli produk tersebut karena mereka percaya bahwa produk tersebut memenuhi kebutuhan dan harapannya.

Indikator Brand Loyalty

Ada beberapa indikator yang akan menandakan kesetiaan konsumen pada suatu merek. Diantaranya sebagai berikut

  1. Repurchase rate: persentase konsumen yang membeli produk atau jasa dari suatu merek yang sama dalam periode waktu tertentu.

  2. Recommendation rate: persentase konsumen yang merekomendasikan produk atau jasa dari suatu merek kepada teman atau keluarga.

  3. Switching rate: persentase konsumen yang beralih dari suatu merek ke merek lain.

  4. Net Promoter Score (NPS): skor yang diperoleh dari jawaban konsumen terhadap pertanyaan "Apakah Anda akan merekomendasikan produk ini kepada teman atau keluarga?"

Cara Membangun Brand Loyalty

Brand loyalty merupakan suatu hal yang begitu penting bagi suatu merek. Untuk itu ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mengembangkannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Menyediakan produk atau jasa yang berkualitas tinggi: konsumen yang puas dengan produk atau jasa yang diterima akan lebih cenderung untuk terus membeli produk atau jasa yang sama.

  2. Membangun hubungan dengan konsumen: membuat konsumen merasa dihargai dan diakui akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek.

  3. Memberikan pelayanan yang baik: konsumen yang merasa diperlakukan dengan baik akan lebih cenderung untuk terus membeli produk atau jasa dari suatu merek.

  4. Menyediakan program loyalitas: memberikan reward atau hadiah kepada konsumen yang terus membeli produk atau jasa dari suatu merek akan meningkatkan loyalitas mereka.

  5. Menjaga komunikasi dengan konsumen: menjaga komunikasi dengan konsumen melalui email, sosial media, atau survey akan membuat mereka merasa di hargai dan diakui. Mereka akan merasa bahwa merek tersebut peduli dengan opini dan kebutuhan mereka, sehingga akan lebih cenderung untuk terus membeli produk atau jasa dari merek tersebut.

  6. Menyediakan pengalaman yang menyenangkan: menyediakan pengalaman yang menyenangkan dan membuat konsumen merasa spesial akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek.

  7. Menjaga konsistensi: menjaga konsistensi dalam kualitas produk atau jasa, pelayanan, dan komunikasi akan membuat konsumen merasa yakin dan percaya pada merek tersebut, sehingga lebih cenderung untuk terus membeli produk atau jasa dari merek tersebut.

Ingin Meningkatkan Brand Loyalty?

Brand loyalty sangat penting untuk perkembangan bisnis karena dapat meningkatkan penjualan dan menurunkan biaya pemasaran. Dengan membangun brand loyalty, perusahaan dapat menciptakan hubungan jangka panjang dengan konsumen yang akan meningkatkan keuntungan dan stabilitas bisnis.

Nah bagi Anda yang ingin mencari jasa untuk meningkatkan brand loyalty atau jasa press release, Casa Kreatif adalah solusinya. Casa Kreatif telah terbukti berpengalaman dan telah terbukti menangani berbagai client. Casa Kreatif juga dijamin profesional dan memiliki pegawai yang kompeten di bidangnya. Jadi yuk tunggu apa lagi…

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun