Mohon tunggu...
hilmy fadhilah
hilmy fadhilah Mohon Tunggu...

sedang belajar menjadi content writer, mohon saran dan kritik.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mie dan Seluk Beluknya

27 November 2015   22:04 Diperbarui: 27 November 2015   22:41 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mie adalah makanan yang sangat terkenal di dunia saat ini. Mie dapat diolah dengan cara apapun, bisa digoreng, direbus, dibuat makanan ringan bisa, dibuat makanan pokokpun bisa. Mie adalah makanan berbentuk adonan tipis panjang  yang telah digulung, dikeringkan dan dimasak dalam air mendidih. Mie merupakan makanan salah satu makanan popular di kawan asia. Mie diperkirakan telah ada sejak 4000 tahun lalu. Namun sejarah asal usul mie masih simpang siur. Bangsa Italia, Cina, Arab masing-masing mengklaim sebagai pencipta mie.

Menurut sejarah, mie pertama dibuat di daratan Cina saat zaman Dinasti Han pada tahun 25-200 AD. Mie kemudian berkembang ke Negara-negara Asia Tenggara seperti Jepang, Korea dan Taiwan. Tak berhenti sampai disitu, setelah Marco Polo berkunjung ke Cina ia membawa serta mie pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh. Pada perkembangannya, mie yang dibawa Marco Polo ke Eropa berubah menjadi pasta seperti yang kita tahu saat ini.

Mie adalah makanan buatan manusia yang cukup berhasil. Ini dikarenakan hampir seluruh manusia menerima dengan keberadaan makanan mie. Seluruh kalangan manusia gemar makan mie, mulai dari balita, anak TK, anak SD, anak SMP, anak SMA, mahasiswa, pekerja kantoran, sampai para pensiunan dan kakek nenek makan makanan yang bernama mie. Banyak orang memakan mie dikarenakan mie menjadi makanan solusi jika kita sedang lapar. Hampir setiap manusia memiliki cara memasak mie yang berbeda, tetapi yand umum dilakukan orang untuk memasak mie adalah dengan direbus dan digoreng.

Setelah mie menyebar luas di dunia, mie mempunyai beberapa macam. Macam-macam mie di dunia adalah sebagai berikut :

  1. Bihun

Mie ini berasal dari Tiongkok. Mie yang berwarna putih ini bertekstur halus dan bentuknya kurus memanjang layaknya mie yang memang ditakdirkan panjang-panjang.

  1. Ifu mie

Mie yang juga berasal dari Tiongkok ini mungkin akan lebih familiar bila disebut bakmie. Ifu mie ini berwarna kuning pucat dan lebih tebal dibandingkan bihun. Rasa dan kekenyalannya pun jauh berbeda dibanding bihun.

  1. Kwetiau

Mie ini juga berasal dari Tiongkok. Berwarna putih, bentuknya jauh lebih tebal ketimbang mie pada umumnya, kwetiau ini bahan dasarnya tepung beras.

  1. Mie ramen

Mie yang biasa dikartun Naruto ini adalah mie yang terbuat dari terigu dengan kadar gluten yang tinggi. Mie ramen berasal dari Jepang, biasanya mie ramen berwarna kuning.

  1. Soba

Mie ini dibuat dari tepung buckwheat (gandum buk). Dalam bahasa Jepang, tumbuhan sereal buckwheat juga disebut “soba”.

  1. Spagheti

Mie ini berasal dari Italia, banyak orang mengatakan mie ini berbentuk unik. Saat mentah mie ini keras seperti lidi. Cara memasaknya yaitu direbus dalam air mendidih.

  1. Mie sagu

Mie sagu adalah mie asli dari Indonesia, tepatnya berasal dari Riau. Mie ini terbuat dari sagu, dan teksturnya lebih kenyal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x