Mohon tunggu...
Hilman Idrus
Hilman Idrus Mohon Tunggu... Administrasi - Fotografer

√ Penikmat Kopi √ Suka Travelling √ 📷

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengenang Tiga Tahun Kepergian Sahabat (DR Jumahir Jamulia, M.Hum)

25 September 2021   15:57 Diperbarui: 25 September 2021   16:00 369
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Almarhum Jumahir Jamulia (kanan) / dokpri

"Berbuat baiklah sesama teman, sebab suatu saat nanti Allah SWT pasti membalas semuanya," pesan ini  disampaikan beliau kala kami memanfaatkan waktu rehat kegiatan Rapat Kerja (RAKER) IAIN Ternate pada salah satu hotel di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah 2017 lalu, yang masih tertancap kuat di benak saya.

Pertemuan kami pada kegiatan tersebut merupakan yang kesekian kalianya, setelah beliau kembali pulang ke Ternate, setelah menyelesaikan studi S-2 dan S-3 di Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan di tahun 2015.

Keakraban kami mulai terjalin di 2006, ketika sama-sama terlibat sebagai panitia pada kegiatan Pelatihan Praktik Belajar Kewarganegaraan bertajuk "Kami Bangsa Indonesia" yang diselenggarakan CCE Indonesia bekerjasama STAIN Ternate yang berlangsung di lantai II gedung Perpustakaan Pusat STAIN Ternate pada 28 hingga 30 november 2006.

Dari kegiatan inilah, saya mulai akrab dengan beliau. Sosok akademisi yang menurut saya tidak pernah ngancing kepada siapa pun, terlebih pada mahasiswanya. Karena selain di kampus, di rumah pun beliau melayani mahasiswa layaknya anak sendiri. Karena baginya, seperti pesan yang beliau sampaikan yang saya tempatkan pada pengantar tulisan di atas.

Sehingga, selain menjalani kewajibannya sebagai tenaga pengajar di STAIN (kini IAIN Ternate), sisi humanis yang tergambar jelas dari kepribadiannya selalu terlihat ketika beliau berada di kampus, maupun di tengah masyarakat. Memiliki karakter pendiam, sehingga jarang mendengar beliau speak up terkait hal-hal yang menjengkelkan kepada orang lain. Inilah karakter asli yang saya kenal dari suami Askila Arif itu.

Setelah kegiatan Pelatihan Praktik Belajar Kewarganegaraan, kami pun rutin bertemu; baik di rumah maupun terkadang duduk bersama di sudut-sudut kampus -- diskusi bareng mahasiswa. Walaupun intens bertemu dan berdiskusi pada setiap kesempatan, namun setahun kemudian -- tahun 2007, beliau memutuskan melanjutkan studi di program pascasarjana UNHAS Makassar.

Seperti yang saya sampaikan di atas, apa yang dilakukannya selama berada di kampus STAIN Ternate kala itu, kembali beliau tunjukkan saat menempuh pendidikan S-2 dan S-3-nya di kota Daeng. Saat saya bertandang ke rumah mertuanya, Istrinya menuturkan terkait aktivitasnya selama mereka berada di Makassar: sering membantu antar sesama dosen yang melanjutkan studi di kota Makassar. 

Bahkan, karena mahir berbahasa Inggris, sehingga salah satu dosen STAIN Ternate, (alm) Prof. Dr. H. Yunus Namsa, M.Si meraih gelar guru besarnya, juga beliau turut membantu menyelesaikan administrasi pengusulan Guru Besar tersebut.

Sehingga, saat saya berbincang dengan istrinya, terkait mereka menjalani kehidupan semasa beliau menempuh pendidikan S-2 dan S-3-nya, dan begitu mendapat informasi tersebut, sontak, saya bilang itulah karakter asli beliau yang saya kenal selama berada di kampus: memiliki welas asih tinggi; suka membantu, dan dalam menyampaikan argumentasi saat diskusi jarang memantik emosi lawan bicara, dan suka mengulas senyum kala bertemu.

Artinya bahwa setiap orang punya kadar tersendiri akan besar atau tidaknya sikap welas asih. Namun, bagi saya, yang ditunjukkan beliau ketika berada di kampus, merupakan karakter aslinya. Sehingga, sejak dipanggil Yang Maha Kuasa, secara pribadi saya merasakan kehilangan sahabat baik saya di kampus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun