Mohon tunggu...
Hilman Idrus
Hilman Idrus Mohon Tunggu... Administrasi - Fotografer

√ Penikmat Kopi √ Suka Travelling √ 📷

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Pamor La Liga Spanyol Redup?

6 Agustus 2021   15:27 Diperbarui: 6 Agustus 2021   15:58 240 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Pamor La Liga Spanyol Redup?
Lionel Messi. Foto: AFF/LLuis Gene via Kompas.com 

Setelah pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi mengumumkan keputusannnya pensiun dari Moto GP pada Kamis (5/8/2021), dunia sepak bola dikejutkan dengan berita kepergian Lionel Messi dari Barcelona. Namun, berbeda dengan Rossi, La Pulga julukan Lionel Messi meninggalkan Balugrana bukan karena pensiun, namun  lantaran terkendala batasan gaji La Liga Spanyol.

Sebenarnya, baik Barcelona maupun Messi telah menemui kata sepakat untuk melanjutkan kerja sama, setelah kontrak Messi berakhir per 30 Juni 2021. 

Joan Laporta sebagai presiden baru menggantikan Josep Maria Bartomeu, tentu Laporta sangat paham, apabila dia berhasil membujuk pemain yang baru saja persembahkan trofi Copa Amerika 2021 buat Argentina tersebut untuk tetap bertahan di Camp Nou. 

Keinginan Laporta agar Messi bertahan, karena sebelumnya mereka pernah bekerjasama, kala Barcelona masih diperkuat Xavi Hernandes, Puyol dan Andres Iniesta.

Dan, upaya Laporta berhasil, Messi bersedia memotong gaji sebesar 50 persen demi bertahan di klub yang telah membesarkan namanya tersebut, dengan kontrak yang telah disepakati selama lima musim. Tentu, sang presiden menaruh harapan besar agar mega bintang Timnas Argentina itu tetap berada di Barcelona, dan mengakhiri karirnya di Camp Nou.

Tapi, kesepakatan itu rupanya kandas, karena aturan pembatasan gaji di Liga Spanyol di masa pandemi covid-19. Akhirnya, Barcelona pun pasrah harus merelakan kepergian sang mega bintangnya tersebut. 

Hengkangnya Messi, tentu menambah daftar pemain bintang La Liga yang memilih melanjutkan karir di negara lain, sebut saja bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo, dan Sergio Ramos, Raphael Varane dan sejumlah bintang lainnya yang hengkang ke klub lain.

Ronaldo yang bergabung dengan klub serie A Italia Juventus, membuat Liga Italia yang sempat kehilangan pamor, kembali hidup lantaran sosok seorang Ronaldo. Kepergian CR7 menimbulkan spekulasi bahwa La Liga Spanyol mulai kehilangan pamor, karena La Liga semakin "dicintai" karena ada persaingan Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid dan Lionel Messi dengan Barcelona.

Dan, memang terbukti, setelah pemain dengan julukan CR7 itu meninggalkan Real Madrid, laga Real Madrid kontra Barcelona yang disebut menyedot perhatian pecinta sepak bola dunia, mulai kehilangan "daya magisnya" pertandingan yang disebut duel El-Clasico itu pun tidak semeriah dulu. 

Sebab, tidak ada persaingan CR7 vs La Pulga. Suporter kedua klub memang masih menikmati tontonan yang menarik, lantaran di Barcelona masih ada nama Lionel Messi, tapi memang sangat berbeda jika Ronaldo masih berseragam Real Madrid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan