Mohon tunggu...
Hilman Idrus
Hilman Idrus Mohon Tunggu... Administrasi - Fotografer

√ Penikmat Kopi √ Suka Travelling √ 📷

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pandemi Covid-19 dan Masa Depan Liga 1

21 Juli 2021   23:17 Diperbarui: 21 Juli 2021   23:18 92 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Covid-19 dan Masa Depan Liga 1
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB) foto: Jogja.Tribunnews.com

Turnamen Piala Menpora 2021 yang digelar pada April lalu, diyakini bakal menjadi titik terang sepak bola Indonesia di tahun 2021. Pasalnya, kompetisi liga 1 dan liga 2 sempat mati suri sejak bangsa ini dilanda wabah virus Corona pada tahun lalu. Sehingga, begitu turnamen yang mengisyaratkan sebagai laga pra musim itu dilaksanakan, mendapat sambutan hangat dari publik pecinta sepak bola nasional.

Memang, sepak bola merupakan salah cabang olahraga terfavorit di dunia, sehingga apabila tidak ada kompetisi, memang menimbulkan kegalauan bagi para pecinta sepak bola, karena olahraga yang satu ini memang menghadirkan euforia yang berbeda. 

Dan tak sedikit para penggila bola, bahkan rela kehujanan atau  berpanas-panasan di stadion, demi menyaksikan tim kesayangan mereka bertanding, terlebih saat timnas berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Karena sepak bola memang sangat disukai. Sehingga, di Eropa, walaupun wabah Corona mengancam segala sektor kehidupan, pemerintah tetap merespon saat permintaan bahwa kompetisi tetap diputar, walaupun tanpa kehadiran suporter di stadion dan berlangsungnya pertandingan dengan protokol kesehatan, agar pemain, official dan perangkat pertandingan terbebas dari wabah virus mematikan tersebut.

Pada tahun 2020 lalu, memang patut dimaklumi, lantaran grafik penderita covid di bangsa ini pada setiap saat menunjukkan grafik peningkatan, sehingga pemerintah tidak mau mengambil resiko, yang berbuntut pada melahirkan kesepakatan untuk menunda, lalu memutuskan memberhentikan kompetisi sepak bola di tanah air.

Sehingga, memasuki tahun 2021, klub  liga 1 dan liga 2 tentu menaruh harapan besar kompetisi bakal diputar kembali, seperti dikutip dari BolaSport.com dari Antara Minggu, (27/3/2021) Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan liga 1 2021 direncanakan akan bergulir pada bulan Juni. "Insya Allah Liga 1 dimulai Juni mendatang dan kami mohon dukungan semua pihak," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Dan untuk mewujudkan rencana tersebut, PSSI bekerjasama dengan Pemerintah melaksanakan turnamen pra musim bertajuk piala Menpora 2021. Karena sudah mendapat angin segar terkait diputar kembali Liga 1 dan Liga 2. 

Sehingga, Setelah menuntaskan turnamen piala Menpora, semua klub liga 1 mulai menggelar persiapan menyongsong kompetisi, hal ini ditandai dengan belanja pemain, maupun persiapan non teknis lainnya.

Respon atas agenda PSSI memutar kompetisi, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akhirnya menerbit izin keramaian kompetisi sepak bola liga 1 dan liga 2 setelah mengevaluasi jalannya turnamen pramusim piala Menpora 2021, yang telah sukses dilaksanakan. Sehingga, izin kompetisi Liga dan Liga 2 langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Markas Besas (Mabes) Polri, Jakarta Selatan, Senin (31/5/2021).

Seperti dikutip dari Kompas.com dari BolaSport.com Senin (31/5/2021) Kapolri mengatakan bahwa penerbitan izin Liga 1 dan Liga 2 diberikan dengan catatan, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN