Mohon tunggu...
Hilal Haitamy
Hilal Haitamy Mohon Tunggu... Menulis apa yang dirasakan.

Saya suka membaca, mempelajari hal2 yang baru.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Perputaran Uang Mandeg, Semua Sektor Lumpuh: Dampak Covid-19

21 Januari 2021   12:35 Diperbarui: 21 Januari 2021   12:42 40 2 0 Mohon Tunggu...

Tidak bisa dipungkiri,dengan adanya wabah covid 19, membuat dampak ekonomi merosot tajam.

Banyak pengusaha-pengusaha yang gulung tikar, mulai dari bisnis pariwisata, perhotelan dan bisnis makanan, atau resto/ warteg.

Dampak covid 19 bukan hanya menimpa di Indonesia saja, seluruh dunia semuanya kena dampak. 

Banyak warung-warung makan yang tutup. Karena pelanggan pada berkurang. Sedangkan harga sembako atau bahan baku naik terus, mulai dari harga cabai naik beserta turunannya.

Perhotelan juga pada sepi, karena pembatasan orang untuk berkunjung harus menggunakan rapid test antigen. Otomatis berpengaruh menurunnya pembeli toko oleh-oleh dan camilan, karena banyak yg beli adalah orang luar kota.

Pariwisata juga mengalami penurunan turis-turis yang datang, karena pada waspada covid 19. Dengan penurunan orang datang di bandara. Plus jika ada yang bermasalah, pasti di karantina.

Pemasukan yang tetap di tiap-tiap kota hanya dari gaji ASN, Pertamina,  Karyawan BUMN dan karyawan swasta aja. Ini aja yg bisa beredar di masyarakat. Ini berlaku di kota jasa di Balikpapan.

Para investor yang biasanya membawa uang segar juga atau yang mau singgah juga berfikir ulang karena covid 19, menghantui mereka. 

Untuk itu kita berfikir gimana caranya uang dari luar bisa ditarik ke kota kamu? ()

Semoga tulisan ini bisa mencerahkan.. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x