Mohon tunggu...
Hikmatun sholihah
Hikmatun sholihah Mohon Tunggu... Hikmatun sholihah

Mahasiswa uin syarif hidayah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Arti Mudik dan Pulang Kampung (Kajian Semantik)

28 November 2020   20:45 Diperbarui: 28 November 2020   20:51 48 1 0 Mohon Tunggu...

Semantik adalah ilmu tentang makna kata dan kalimat; pengetahuan mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata. Menurut KBBI bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran. (Wibowo. 2001:13)

Bahasa merupakan alat komunikasi manusia yang tidak terlepas dari arti atau makna pada setiap perkataan yang diucapkan. Sebagai suatu unsur yang dinamik, bahasa sentiasa dianalisis dan dikaji dengan menggunakan perbagai pendekatan untuk mengkajinya.

Mungkin dalam tulisan ini saya akan membahas arti mudik dan pulang kampung dalam kajian   Semantik.

Dalam KBBI mudik yaitu berlayar atau pergi yang artinya akan pulang ke halaman seminggu menjelang lebaran dalam kegiatan perantaun sedangkan arti pulang kampung yaitu: kembali ke kampung halaman. Mudik dan pulang kampung memiliki arti kata yang sama untuk memberi informasi.

Nah walaupun memiliki arti yang sama tetapi mudik dan pulang kampung memiliki beda makna.

Dalam kajian ini mari kita fokuskan pada teori makna dalam mudik dan pulang kampung. Dalam kata mudik dan pulang kampung memiliki arti yang sama tetapi beda dalam makna yang berbeda


Ini lah contoh dalam bentuk kalimat:


A) kaka bekerja di Jakarta akan mudik ke Sukabumi.

nah kalimat mudik yaitu kalimat  yang nama nya pulang kampung berkerja di Jakarta tetapi orang tua nya ada di kampung. karena si kaka akan pulang dalam beberapa hari ada acara hari lebaran  maka disebut nya mudik.

 ini contoh kalimat  pulang kampung  yaitu:

(B) bibi akan pulang kampung ke Surabaya

Dari contoh tersebut  pulang kampung artinya karena tidak akan kembali  tidak ada pekerjaan di Jakarta maksud dari kalimat diatas bibi tidak akan kembali lagi ke jakarta karena sudah habis dalam pekerjaan nya (kontrak) 


Karena bentuk dan makna nya sangat berbeda. Makna kata dapat mempengaruhi dalam masyarakat yaitu dalamberkomunikasi atau ucapan bahwa bahasa memiliki sifat yang konvensional dan arbiter dalam penggunaan bahasa.


Semoga arti mudik dan dan pulang kampung  ini sangat bermanfaat bagi kalian.saya hanya manusia biasa yang berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk kalian jadi mohon maap jika ada kesalahan arti atau lain sebagainya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x