Mohon tunggu...
Badia Hikmah Safitri
Badia Hikmah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

You can do it !! Let's get it !!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Memahami Kesadaran Sosial dengan Baik

21 Desember 2021   10:22 Diperbarui: 21 Desember 2021   10:29 158 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial,  manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain dalam kehidupannya sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, manusia terlibat dalam berbagai jenis interaksi sosial setiap hari, baik  individu ke individu, individu ke kelompok, dan kelompok ke kelompok. 

Interaksi tersebut kemudian melahirkan  kesadaran sosial di dalam masyarakat. Kesadaran sosial dapat didefinisikan sebagai  kesadaran akan masalah yang dihadapi oleh orang atau kelompok yang berbeda,seperti masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu kesadaran sosial?

Kesadaran sosial adalah Ketrampilan dalam memahami keadaan dari sudut pandang orang lain, sehingga kita memiliki rasa empati kepada orang lain, termasuk dari latar belakang dan budaya yang berbeda. 

Mempunyai kesadaran sosial yang tinggi membuat kita lebih peka terhadap perasaan orang lain, memahami suatu masalah dari sudut pandang orang lain, dan dapat menerima dengan bijak nasihat atau pendapat dari orang lain. 

We're highly social animals - I'm told by scientists that what makes us different from other animals is an acute social awareness, which is what has made us so successful.-Alan Alda

Seperti kata bijak yang saya kutip dari seorang aktor senior berkebangsaan amerika, ia berkata bahwa kesadaran sosiallah yang membedakan kita dari hewan, sehingga jika kita mempunyai kesadaran sosial yang tinggi kita bisa mencapai puncak kesuksesan dengan mudah. 

Orang yang sering menempatkan diri seperti orang lain untuk memahami perasaan orang lain, mereka cenderung melakukannya karena kebutuhan agar mereka lebih dekat dan cepat akrab.  Sehingga dalam siskap ini, aspek empati sangat terlihat.

Selanjutnya juga di jelaskan atas dasar apa yang mempengaruhi kesadaran sosial dalam masyarakat, Sheldon (1996) menyatakan bahwa kesadaran  sosial dapat membantu seseorang untuk mengakses informasi sosial yang diperlukan untuk membangun lingkungan antara diri sendiri dan orang lain dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan sosial di lingkungan mereka. 

Contoh dari kesadaran sosial ialah saat kita bersama teman, teman kita baru saja mendapatkan musibah, dompet beserta gawainya hilang misalnya. Nah, tugas kita adalah berempati, menyemangati dan membantunya untuk mencari dompet dan gawainya. Bukan malah tidak peduli dan mengatakan hal yang menyakiti hatinya. Sebagai makhluk sosial bukankah seharusnya bersikap baik dan saling tolong menolong?. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan