Mohon tunggu...
Badia Hikmah Safitri
Badia Hikmah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

U can do it !! Let's get it !!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ting! Wah Aku Dapat Pesan dari Neurontransmitter

28 Februari 2021   22:29 Diperbarui: 28 Februari 2021   23:07 57 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ting! Wah Aku Dapat Pesan dari Neurontransmitter
www.poradnikzdrowie.pl

Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai sel saraf beserta bagaimana cara bekerjanya sel saraf. Nuerontransmitter menjadi bagian salah satu dari sel saraf. 

Neuoron tak akan bekerja dengan maksimal tanpa adanya neurontransmitter. Ibaratnya seperti saat kita membeli online di suatu situs, kita tak akan menerima barang tanpa adanya kurir, atau dengan contoh lain, kita tak akan menerima whatsapp dengan baik tanpa adanya sinyal dari kartu atau wifi yang kita gunakan. Pesan dari neurontransmitters sangat penting, lebih penting dari pesan si doi, ehehe..

Mari kita gali terlebih dalam, apa sebeneranya neuorontransmitters itu?

Artikel sebelum nya saya sudah menjelaskan sedikit apa itu neurontransmitters. Neurontransmitters adalah suatu zat kimia yang terkandung konduksi atau zat listrik dari sel saraf pertama yang di lepaskan di sinaps menuju ke sel saraf kedua. 

Neurontransmitters ini bekerja untuk mengendalikan perasaan kita dengan cara yang berbeda-beda. Jika belum paham, alangkah baiknya membuka artikel ini terlebih dahulu. Neurontransmitter mempunyai banyak peran dalam tubuh kita, salah satu nya untuk mengatur konsentrasi kita, suasana hati atau emosional kita, nafsu makan, dan masih banyak lain.

Ada beberapa neuorontransmitters utama yang bekerja bagi tubuh kita, mari kita bahas satu persatu.

1. Serotonin

Mari kita bahas terlebih dahulu sorotonin. Sorotonin bekerja sebagai pengatur suasana hati atau lebih di kenal dengan mood neorontransmitters.. Sorotonin juga di temukan di trombosit pembuluh darah sistem saraf pusat karena ia bekerja sebagai pembawa pesan kimiawi yang mengkomunikasi informasi ke seluruh otak dan tubuh kita. Sorotonin dalam sistem pencernaan juga memiliki fungsi penting pada tubuh kita, contohnya sorotonin pada saluran pencernaan membantu kontraksi otot usus dengan membantu makanan bergerak atau bertindak atas rasa sakit yang di berikan oleh usus. Sorotonin juga berkontribusi membawa perasaan bahagia yang bisa mempengaruhi tidur dan nafsu makan, serta tingkat rendah dari depresi.

2. Dopamin

Dopamin di kenal sebagai pleasure neurontransmitter, membawa kebahagiaan dan menyebarkan kebahagian ke seluruh tubuh. Neurontransmitters ini sangat penting bagi kita, hendaknya kita merasakan dan melakukan hal - hal yang membuat kita bahagia, agar terhindar dari kebosanan, depresi, apatis dan kelelahan. Berolahraga dengan teratur bisa menenurunkan kadar kekurangan dopamin. Temukanlah hal -hal yang membuat kita bgaia, berikanlah sedikit waktu kita utuk memanjakan diri sendiri.

3. Asitikolin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x