Mohon tunggu...
Badia Hikmah Safitri
Badia Hikmah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penyuka warna merah karena merah berarti keberanian:). Berani mengungkapkan rasa dalam tulisan :).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kenapa Aku Sering Lupa?

21 Oktober 2020   17:25 Diperbarui: 21 Oktober 2020   17:36 27 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenapa Aku Sering Lupa?
rancah.com

Seringkali orang mengalami hal ini dan berkata "aduh maaf ya, lupa bawa bukumu nih" terutama saya sendiri, sering mengalami hal seperti ini. Misalnya saat saya sedang keluar rumah, hendak pergi kerumah paman, saat akan sampai, saya lupa di sebelah mana gang rumah paman, tak hanya itu hand phone yang selalu saya bawa kemana - mana terkadang lupa tadi di taruh di mana. Lupa adalah hal yang sering kita alami entah itu dengan kejadian yang kemarin, seminnggu yang lalu, bulan kemarin, berahun - tahun lalu, bahkan yang baru saja terjadi pun, terkadang kita masih sering lupa. Kenapa kita sering lupa? dan apakah penyebabnya? Sebelum kita membahas kenapa dan mengapa kita sering lupa, kita juga perlu mengetahui apa sih lupa itu? memori tentang apakah lupa itu? kenapa sangat berpengaruh sekali dalam memori kita?.

Lupa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online adalah lepas dari ingatan, tidak dalam pikiran (ingatan) lagi, lalai, acuh tidak tahu diri, dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa lupa adalah ingatan yang tak menempel lama pada memori kita sehingga pada saat kejadian berlangsung memori itu akan lepas dan kita kan sulit menemukan memori tersebut. Kemudia menurut para ahli apa lupa itu?

Adapun menurut Agus Suyanto (1993:46)

Bahwa lupa adalah sesuatu memori yang tidak bisa di terima dan di produksi dengan baik oleh tanggapan -tanggapan kita, padahal ingatan kita sehat.

Menurut Muhibbinsyah (1996)

 Pada buku Psikologi dan Pendidikan lupa di artikan sebagai hilangnya kemampuan dalam mengingat, memproduksi, dan menyebut kembali apa yang telah kita pelajari dengan sederhana.

Menurut Gulo (1982) Reber (1988)

Lupa di definisikan sebagai ke tidak mampuan untuk mengenal memori dari apa yang telah kita pelajari dan kita ingat, di sini di definisikan bahwa lupa bukan berarti memori itu lepas dan hilang dari memori akal kita.

Nah, dari definisi itu Mengapa kita sering lupa, kenapa kita tidak ingat peristiwa yang bahkan baru saja terjadi. Jika ingatan dan memori itu tidak lepas, lantas bagaimana kita bisa lupa? Apakah ini penyakit? Apa yang menyebabkan kita bisa lupa? Lantas kalau penyakit, bagaimana cara menyembuhkannya?. yuk kita bahas!.

Mengapa kita bisa lupa dan kenapa kita bisa lupa. Banyak sekali faktor - faktor yang mempengaruhi bagaimana kita bisa lupa. Menurut laman teknikhidup.com saya menemukan beberapa hal yang menyebabkan kenapa kita bisa lupa, Yuk simak penjelasannya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x