Mohon tunggu...
Hikma Hanif
Hikma Hanif Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - MAHASISWI

Kamu tidak berjalan sendirian

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Self Awareness : Pentingnya Memahami Kesadaran Diri

7 Desember 2021   12:01 Diperbarui: 7 Desember 2021   12:17 71 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar : liputan6.com

Ketenangan adalah bentuk dari kesadaran diri yang anggun

Self awareness atau kesadaran diri merupakan salah satu kemampuan seseorang dalam memhami perasaan, sifat, pikiran, serta evaluasi diri. sehingga dalam hal itu dapat membantu seseorang dalam memahami kekuatan, kelemahan, dorongan, hingga nilai yang ada dalam dirinya sendiri dan juga orang lain. Pada dasarnya, ini adalah keadaan psikologis di mana diri sendiri menjadi fokus atau perhatian terhadap diri sendiri.

Seseorang yang dilahirkan tidak dilahirkan sepenuhnya sadar diri. Namun, beberapa penelitian mengemukakan bahwa bayi yang dilahirkan memiliki self awareness (kesadaran diri) yang belum sempurna.

Seorang bayi mempunyai kesadaran bahwa ia merupakan makhluk yang terpisah dari orang lain, dibuktikan dengan sifat seperti refleks rooting, di mana seorang bayi akan mencari puting susu ketika ada sesuatu yang menyentuhnya. Dan juga peniliti menemukan bahwa seorang bayi yang baru di lahirkan dapat membedakan antara sentuhan diri atau non diri.

Jika seseorang memiliki self awareness atau kesadaran diri yang baik maka ia akan mudah dalam memhami situasi sosial, memahami orang lain, juga dapat memahami keinginan atau harapan orang lain pada dirinya. Maka dari itu memiliki self awareness pada diri sendiri sangatlah penting, apa lagi untuk kehidupan seseorang. Dengan self awareness dapat membantu seseorang untuk mehamami kelemahan ataupun kekuatan dan juga ketenangan dalam dirinya ketika sedang mengalami sesuatu yang membuat diri menjadi tidak teratur. Hal ini dapat membawa diri anda untuk perubahan yang postif dan dapat membuat lebih percaya diri, kreatif, dan juga dapat berkomunikasi secara efektif.

Ada 2 jenis self awareness menurut ilmu psikologi, yaitu sebagai berikut :

  • Self Awareness Publik
  • Kesadaran ini akan muncul ketika seseorang sedang berbicara di depan orang banyak atau ketika sedang presentasi. Sadar sedang menjadi pusat perhatian, diawasi orang lain sering kali seseorang yang menjadi pusat perhatian akan mencoba perperilaku dengan perilaku yang dapat diterima di secara sosial. Dalam self awareness publik yang berlebihan dapat mengakibatkan kecemasan pada diri sendiri karena khawatir dan memikirkan bagaimana tanggapan orang lain terhadap diri sendiri.
  • Self Awareness Pribadi
  • Kesadaran ini terjadi ketika orang akan menjadi sadar akan beberapa aspek pada dirinya sendiri. Ketika kita sedang melihat diri kita sendiri di cermin, atau merasakan ketegangan ketika akan melakukan presentasi, itu merupakan contoh self awareness pribadi. Seseorang yang memiliki self awareness yang tinggi akan lebih berpegang terhadap pada nilai-nilai pribadinya karena lebih sadar akan perasaan dan keyakinannya. Namun, jika berlebihan juga akan mengaikbatkan kecemasan dan kekhawatiran pada diri sendiri.

Cara membangun kesadaran dalam diri kita sendiri adalah kita dapat melakukan meditasi, kemudian memikirkan ulang dan pusatkan pada kondisi yang yang sedang di terjadi, hal tersebut dapat membuat ketenangan dan kesadaran dalam diri sehingga kita bisa mengevaluasi diri sendiri. Jangan pernah mengabaikan kekurang atau kelemahan dalam sendiri sedikit pun. Mengevaluasi diri harus dengan cara yang objektif dan harus mencoba memperbaiki kelemahan atau kekurangan dalam sendiri dengan baik. Mengendalikan self awareness yang baik maka akan banyak memnukan manfaat yang sangat positif untuk sdiri sendiri.  Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua, terimakasih.

Refrensi :

Dina Rahmawati. 2020. Pentingnya Self-Awareness untuk Kesehatan Mental. https://www.sehatq.com/artikel/cara-efektif-membangun-self-awareness-atau-kesadaran-diri (Diakses 07 Desember 2021)

Qurrota Aini. 2019. Self Awareness : Penting untuk Kita Mengenal Diri Sendiri. https://alpas.id/self-awareness-mengenal-diri/ (Diakses 07 Desember 2021)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan