Mohon tunggu...
Hikma Hanif
Hikma Hanif Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - MAHASISWI

Kamu tidak berjalan sendirian

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Halo Bunda, Pahami tentang Perkembangan Moral Anak Yuk

27 Oktober 2021   20:08 Diperbarui: 27 Oktober 2021   20:15 60 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebelum dalam penjelasan tentang perkembangan morak anak usia dini, simak cerita pendek di bawah ini. Selesai membaca dan menyimak ceritanya boleh tebak bagaimanakan moral anak dalam cerita tersebut. Apakah moral anak dalam cerita memiliki moral yang baik ataukah memiliki moral yang buruk.

Sebuah keluarga kecil yang mempunyai seorang buah hati yang masih berumur tiga tahun. Si buah hati ini sedang senang dan gembirannya bermain bersama teman sebayanya. 

Mereka yang bermain di depan rumah tidak menghiraukan orang-orang yang melintasi di sekitarnya. Kemudian dengan tiba-tiba datanglah anak kecil yang menghampiri mereka dengan membawa mainan, namun sambutan si kecil dan temannya seperti tidak menyukainnya. 

Si kecil yang terlihat sangat tidak suka mendorong badan ank tersebut hingga terjatuh, dan si kecil mengambil mainan yang dibawa anak tersebut.

Nah, bagaimana menurut kalian tentang moral si kecil, apakah moral dari si kecil baik ataukah buruk ? jawab pertanyaan tersebut di kolom komentar.

Yuk lanjut ke pembahasan tentang pengertian moral dan perkembangan moral !

Arti moral atau yang biasa kita sebut dengan akhlak adalah tingkah laku dari seseorang  ketika berinteraksi dengan orang lain biasanya disebut apakah seseorang tersebut memiliki tata karma, etika yang baik atau buruk. Sehingga moral adalah hal mutlak yang dimiliki oleh seseorang. 

Moral secara eksplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu. Tanpa moral manusia tidak bisa bersosialisasi dengan baik. 

Moral biasanyan diajarkan di sekolah-sekolah ataupun dalam pendidikan sederajat. Pendidikan moral yang paling utama adalah diajarkan oleh keluarga atau orang tua. 

Jika anak anak memiliki moral yang baik maka ketika ia dewasa bisa menjadi keberhasilan tersendiri pada diri anak begitu sebaliknya jika anak tidak memiliki bekal moral yang baik maka tidak disalahkan jika ketika ia dewasa tidak dihormati orang lain. Moral sendiri merupakan produk budaya dan agama. 

Perkembangan moral merupakan perubahan perilaku pada diri seseorang mengenai standar benar atau salah kemudian baik dan buruknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan