Mohon tunggu...
Hikma Hanif
Hikma Hanif Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - MAHASISWI

Kamu tidak berjalan sendirian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Child's Social and Emotional

20 September 2021   21:30 Diperbarui: 20 September 2021   22:14 101 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Child's Social and Emotional
sumber gambar: popmama.com

"Contoh yang baik adalah sumber utama dalam perkembangan sosial dan emotionak anak"

Kala di sebuah toko baju yang terdapat mainan yang sangat banyak dan berjajar dengan sangat rapi. Terlihat ada seorang ayah dengan anak kecil yang memasuki toko tersebut, sang ayah hendak membeli baju untuk ia bekerja. Namun, sang anak kecil itupun merengek meminta salah satu mainan yang berjajar di dalam toko tersebut. 

Sang ayah mengabaikan apa yang di minta anak kecil tersebut, dan tak disangka anak itu berbicara dan berteriak dengan kerasnya dengan mimik wajah yang sangat marah "aku ingin mainan itu, sekaranggggg !!" sontak para pelanggan di dalam toko baju tersebut menoleh kearah anak kecil dan ayah tersebut, mereka berpikir "hmm, kenapa tidak dibelikan saja, kasian itu juga anaknya yang meminta." 

Sang ayah itupun memberikan pengertian dan mengalihkan keinginan anaknya tersebut dengan perlahan dan penuh kelembutan, karena sang anak marah jika tidak dibelikan mainan yang diinginkanya segera. 

Dari sedikit cerita di atas bagaimana tanggapan yang harus kita lakukan ? 

Akankah kalian memarahi balik jika anak rewel meminta sesuatu, atau langsung membelikan mainan yang anak inginkan dengan segera? 

Jika orang tua tersebut sedikit tidak memperhatikan tumbuh kembang emosi anak pasti langsung saja membelikan apa yang diinginkan anak. Dan itu akan menganggu dan membuat anak mudah emosi kita tidak dituruti apa yang mereka inginkan.

Nah, oleh karena itu dalam artikel ini penulis akan menjelaskan tentang perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini.

Apa sih perkembangan sosial dan emosional anak ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan