Mohon tunggu...
Hikma Hanif
Hikma Hanif Mohon Tunggu... MAHASISWI

Kamu tidak berjalan sendirian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kenalan dengan Hormon Manusia dan Jenisnya yukk..

28 Februari 2021   20:50 Diperbarui: 28 Februari 2021   21:37 106 6 0 Mohon Tunggu...

Hormon adalah zat yang sangat penting dalam tubuh manusia. Tumbuh kembang manusia dipengaruhi oleh hormon-hormon. Anda mungkin mengetahui ada orang yang memiliki pembesaran kelenjar gondok, mengalami gangguan menstruasi, serta memiliki postur yang tinggi maupun pendek. Semua penyakit itu disebabkan oleh gangguang hormon, maka dari itu fungsi hormone sangat penting bagi manusia.

Hormon sendiri memiliki arti zat yang dibentuk oleh bagian tubuh tertentu dalam jumlah kecil dan dibawa ke jaringan tubuh lain serta memiliki pengaruh terhadap aktivitas sel-sel tubuh manusia. Hormone ini beredar dalam sirkulasi darah dan cairan sel untuk mencari sel target, hormon akan mengkat protein reseptornya dan mengirimkan selnya. Kemudian apa saja jenis hormone manusia, berikut beberapa jenis hormone pada manusia :

Hormon Adrenalin

Hormon ini diproduksi di medulla adrenal dan hormon adrenalin berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dan glukosa ke otak dan otot (dengan meningkatkan denyut jantung), meningkatkan katalitas dari glikogen dalam hati, kerusakan lipid dalam sel lemak, serta menekan system kekebalan.

Hormon Insulin

Hormon yang berfungsi untuk pengambilan glukosa, glikogenesis dan glikolis di hati dan otot dari darah. Hormone insulin diproduksi di pankreas. Kelebihan hormon insulin ini dapat menyebabkan kadar gula darah sangat rebndah, detak jantung tidak teratur, berkeringat, gemetaran, mual, kelaparan berat dan juga membuat kecemasan. Kekurangan hormon ini juga dapat menyebabkan hiperglisemia (peningkatan kadar gula darah) yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes mellitus.

Hormone Gastrin

Hormon ini di produksi di duodenum (usus 12 jari). Hormoj ini memiliki fungsi untuk sekresi asam lambung oleh sel paterial. Hormon gastrin dapat menyebebkan penyakit gastrinoma yaitu tumor jinak.

Hormon Testoteron 

Hormon ini memiliki fungsi sebagai hormone seks pria dan diproduksi di testis. Hormone ini merangsang pematangan organ-organ seks pria, skrotum, pertumbuhan jenggot, pertumbuhan massa otot an kekuatan, serta peningkatakan kepadatan tulang. Kelebihan  hormon testoteron dapat menyebabkan peningkatan libido berlebihan dan mudah marah. Kekurangan hormon ini juga dapat menyebabkan penyakit atau kerusakan pada hipotamulus (kelenjar di bawah otak) atau testis yang menghambat sekresi hormon dan produksi testoteron (hipogabadisme)

Hormon Tiroid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x