Karir

Belajar dari Kisah Hidup Jack Ma

7 Oktober 2018   14:08 Diperbarui: 7 Oktober 2018   14:59 376 0 0
Belajar dari Kisah Hidup Jack Ma
google.com

Pernah melihat foto dari sosok di atas di beberapa situs berita online atau cetak? Sebagian dari kamu mungkin masih sedikit yang mengenal sosok tersebut. Tapi jika kita berbicara tentang Alibaba, apakah kamu masih belum tahu tentang hal yang satu ini? Yups, Situs belanja online terbesar di dunia ini pasti sudah memiliki banyak penggemarnya sendiri. 

Nah, jika kamu tahu tentang Alibaba, kamu juga harus berkenalan dengan yang menciptakan situs belanja online ini. Sosok Jack Ma memiliki segudang perjalanan hidup yang bisa kamu contoh agar selalu semangat dan pantang menyerah. Yuk, kita mulai sesi belajar dari kisah hidup sang pendiri e-commerce Alibaba.

1. Berani mencoba hal baru

Buang jauh-jauh pikiran takut gagal! Bagaimana kamu tahu bisa gagal, jika memulainya aja tidak berani. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan menanti kita di ujung sana.  jadi beranilah mencoba hal yang baru dengan pikiran yang positif dan percaya dengan kemampuan diri sendiri. Jack Ma sudah membuktikannya terlebih dahulu. Lulusan sastra Inggris di salah satu kampus China ini ternyata mampu mendirikan perusahaan e-commerce yang erat kaitannya dengan teknologi, padahal background yang dimiliki Jack Ma sangat berbeda.

2. Kegagalan adalah tanda kamu telah naik tingkat

Kenapa harus marah dengan kegagalan? Coba kamu renungkan, pelajaran apa yang bisa kamu ambil dari kegagalan yang kamu alami. Jika Jack Ma tidak gagal, mustahil dia berhasil mendirikan perusahaan Alibaba Group. Gagal masuk universitas terbaik, gagal bekerja di perusahaan cepat saji, bahkan gagal masuk menjadi polisi, ternyata menghantar Jack Ma untuk pergi ke Amerika dan mulai mengenal Internet.

3. Menyukai setiap proses yang dihadapi

Kesuksesan tidak didapat dalam waktu yang instan, pasti akan banyak pengorbanan dan usaha di dalamnya. Jika kamu memiliki mimpi untuk sukses di bidang yang kamu suka, cobalah mulai menyukai setiap proses yang dihadapi. Ingatlah, proses ini adalah sebuah kesempatan yang tidak semua orang mengalaminya. 

Bahkan, Jack Ma sangat menyukai setiap proses yang menghantarkan dia mendirikan Alibaba Group. Ide mendirikan Alibaba tidak datang begitu saja, dia terlebih dahulu berkenalan dengan internet dan mengetik "Beer", tapi tak ada satupun beer yang berasal dari negara China, hingga akhirnya tercetuslah ide mendirikan perusahaan yang dapat menyediakan banyak barang dari berbagai negara.

4. Fokus dengan tujuan

Jika kamu sudah tahu apa yang ingin kamu raih, mulailah fokus untuk terus mengembangkannya. Cari tahu lebih dalam hal yang harus kamu lakukan untuk mencapai ke titik tujuan. Jika kamu fokus, kamu bisa mulai benahi setiap kekurangan yang ada dari ide atau usaha yang telah kamu eksekusi. 

5. Tidak takut dengan penolakan

Penolakan dari sana-sini jangan langsung buat kamu berkecil hati. Terus buktikan bahwa ide yang kamu miliki benar-benar memberikan manfaat dan sangat menguntungkan untuk dilakukan. Jika kamu ditolak di satu perusahaan, atau ide kamu tidak diapresiasi tak masalah, itu tandanya kamu memiliki kesempatan untuk membuktikannya di tempat lain. 

Alibaba Group juga banyak menerima penolakan sebelum sampai di titik ini. Semua perusahaaan besar bahkan menertawakan ide yang Jack Ma utarakan, tapi Jack Ma tak langsung patah arah, dia menawarkan perusahaan kecil terlebih dahulu yang tidak memiliki kemampuan untuk mengadakan pameran dan mengenalkan produk mereka untuk bergabung di Alibaba Group. 

Jika Jack Ma saja mampu, kenapa kita tidak bisa! Saat kamut tahu apa yang ingin kamu impikan dan memulai bisnis adalah hal yang paling ingin kamu wujudkan, cobalah untuk terus pupuk mimpi itu dan beranilah untuk mewujudkannya. 

Cari tahu apa keungggulan bisnis yang kamu jalankan, cari tahu siapa target pasar kamu, ciptakan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan buat bisnismu semakin dikenal dengan melakukan iklan. Untuk itu, kamu bisa belajar bersama HIGO. Untuk info selengkapnya, kamu bisa berkunjung ke http://higo.id/.