Mohon tunggu...
Higo Indonesia
Higo Indonesia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Cara Membuat Segmentasi Pelanggan untuk Bisnismu

13 September 2018   11:34 Diperbarui: 13 September 2018   11:58 727
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5 Cara Membuat Segmentasi Pelanggan Untuk Bisnismu| www.pexels.xom

Banyak dari kita yang telah memiliki pekerjaan tetap di sebuha kantor, pasti sering terbesit untuk membuka bisnis agar mendapat penghasilan tambahan. Setiap orang pasti memiliki ide unik saat mereka ingin memutuskan membuka usaha, tapi ide saja tidak cukup, diperlukan eksekusi dan strategi yang tepat agar bisnis ini berkembangan dan terkenal di masyarakat. Menetukan segmentasi pelanggan juga perlu kamu lakukan saat ingin membuka bisnis. Yuk, kita kenalan dengan segmentasi pelanggan.

Segmentasi pelanggan adalah membagi pelanggan berdasarkan  standar dan ukuran yang telah ditentukan sebelumnya, biasanya segmentasi pelanggana adalah mereka yang memiliki keputusan untuk membeli sebuah barang atau jasa. 

Untuk membuat segmentasi pelanggan, kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian, yaitu.

1. Berdasarkan pendapatan 

Kamu bisa mulai menetukan segmentasi pelanggan berdasarkan pendapat mereka. Target dengan pendapatan rendah, sedang atau besar yang ingin menjadi incaran kamu. 

Target pendapatan ini juga akan menentukan siapa yang saja yang akan menjadi sasaran pelanggan kamu nantinya. Jika kamu ingin menjual produk lokal dengan kulitas terbaik, target pelanggan kamu berarti mereka yang memiliki minat terhadap karya lokal dengan pendapatan tinggi, pasalnya barang lokal dengan kualitas terbaik biasanya dibuat dengan cara handmade, karena itu berarti segmentasi pelangganmu memiliki pendapatan yang tinggi. 

2. Berdasarkan karakteristik pelanggan

Setiap pelanggan itu unik! Jika kamu ingin dekat dengan mereka, sebisa mungkin kamu harus mengambil hatinya dengan mengetahui apa yang mereka sukai dan apa yang mereka butuhkan. 

Setiap pelanggan memiliki karakteristinya masing-masing, usahakan kamu menetukan karakteritik pelanggan seperti apa yang ingin kamu tuju. Apakah mereka generasi millenials yang punya hobi jalan-jalan atau mereka yang suka menghabiskan waktunya dengan pekerjaan di kantor. 

3. Berdasarkan demografi pelanggan

Kamu juga harus menetukan produk kamu akan digunakan oleh pelanggan yang memiliki usia berapa, apakah remaja atau orang dewasa. Tentukan standar umur yang jelas untuk memudahkanmu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun