Sejak new normal diberlakukan oleh pemerintah Indonesia, masyarakat secara cepat mulai melakukan adaptasi dengan mematuhi berbagai protokol kesehatan yang dianjurkan. Selama pandemi Covid-19 ada banyak perubahan yang terjadi, tidak hanya masyarakat yang lebih peduli dengan kesehatan, tapi juga cara masyarakat dalam berbelanja.Â
Melihat berbagai perubahan konsumen dalam berbelanja, sebagai pelaku bisnis kamu tidak bisa diam di tempat dan tidak melakukan apa-apa. Di kutip dari Inventore Knowledge, value innovation jadi strategi bisnis menguntungkan yang bisa diterapkan di masa new normal.
Value innovation artinya kamu dapat meluncurkan product bundling. Konsep strategi ini adalah memberikan nilai lebih lewat brand yang kamu tawarkan. Di saat masker menjadi item yang wajib digunakan saat keluar rumah, kamu bisa menggabungkan masker sebagai value tambahan saat konsumen membeli barang yang kamu keluarkan.Â
Atau jika kamu ingin lebih spesial, buatlah masker dengan design khusus yang tidak hanya terlihat chill, tapi juga mengingatkan setiap konsumen akan brand kamu saat mereka menggunakannya.Â
Tak hanya menambahkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen di saat pandemi, kamu juga bisa berkolaborasi dengan brand lain. Kolaborasi menjadi cara yang tepat untuk membangun brand awareness.
Selain membuat product bundling, bagi para pemilik coffee shop bisa mengeluarkan varian kopi satu liter. Cara ini juga bisa jadi langkah tepat di saat para penggemar kopi tidak bisa keluar rumah hanya untuk membeli segelas es kopi. Cara ini juga dapat menghemat beban pengeluaran ongkos kirim yang ditanggung konsumen.Â
Jadi cobalah memikirkan value apa yang bisa kamu tonjolkan dengan brand yang kamu punya dan lakukan evaluasi sesering mungkin.