Bagi sebagian besar orang yang tidak berkecimpung di dunia digital marketing pasti tidak familiar dengan CPL. Secara mudah CPL atau Coast Per Lead merupakan iklan digital yang akan dibayar saat pengunjung memasukan alamat email atau nomor telepon mereka.Â
Berbeda dengan metode CPC (Coast Per Click) atau CPM (Coast Per Mille), iklan CPL memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, namun hasilnya sangat terasa bagi bisnis.
Ada beberapa keuntungan yang bisa bisnis dapatkan dengan menggunakan iklan CPL. Untuk itu, beberapa keuntungan ini bisa kamu dapatkan.
1. Pengunjung yang mendaftar memiliki ketertarikan dengan produk
Tidak semua audiens bersedia untuk memasukan data diri mereka sekalipun itu sebuah email. Jadi saat ada audiens yang bersedia memasukan email atau nomor telepon mereka, itu menandakan bahwa mereka adalah audiens yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.Â
2. Mambuka peluang mendapat pelanggan baru
Lewat alamat email yang kamu miliki, kamu bisa menjadikan mereka menjadi pelanggan baru lewat email marketing. Berikan materi email yang menjabarkan solusi yang bisa kamu berikan saat menggunakan produk yang kamu ciptakan, dengan begitu kamu akan lebih mudah menjadikan mereka pelanggan baru.
3. Meningkatkan engagement
Sebagai brand kamu bisa meningkatkan engagement dengan memberikan mereka email marketing tentang produk terbaru, promo, diskon, hingga berbagai penawaran menarik lainnya.Â
4. Mendapat konsumen yang loyal
Sangat sulit untuk mendapat konsumen yang loyal, namun dari hasil iklan CPL kamu bisa mengontrol mereka lewat email marketing. Lihat seberapa sering mereka membuka email yang kamu kirimkan dan akhirnya membeli barang.