Begitu banyak anak muda yang mulai tertarik membangun bisnis mereka sendiri. Pemasaran secara online menjadi strategi pertama yang sering dipilih untuk mengenalkan produk yang diciptakan. Jika dahulu menggunakan foto yang menarik dan posting di media sosial menjadi cara yang mudah untuk menarik banyak pengunjung, lain halnya dengan sekarang.
Sebagai pebisnis pemula, mengetahui niche market yang kamu tuju sangat penting untuk dilakukan. Mungkin bagi sebagian orang kata niche masih terdengar asing, namun sebagai pebisnis kamu wajib mengetahui apa kegunaan dari niche bagi pekembangan bisnis kamu.
Secara mudah niche merupakan pasar yang lebih spesifik namun menguntungkan untuk bidik. Sebagai contoh saat kamu memiliki usaha sepatu wanita kamu pasti membuat berbagai jenis sepatu mulai dari falt shoes, wedges shoes, atau high heels dengan berbagai bentuk dan harapan menarik banyak orang, proses ini dinaman mass market karena kamu menyasar semua kalangan wanita.
Sedangkan untuk niche market karena kamu berada di usaha sepatu, kamu membuat sepatu wanita khusus wedding, yang artinya kamu hanya menyasar market yang menyiapkan pernikahan. Mengetahui niche market akan memberi keuntungan yang lebih besar untuk bisnis kamu, karena kamu tidak hanya menyasar market yang luas, tapi juga memiliki market yang lebih spesifik lagi.
Tidak semua pebisnis pemula mengetahui di mana niche market mereka, untuk itu agar kamu bisa menemukan di mana niche bisnis yang kamu jalankan beberapa langakah berikut ini bisa kamu lakukan.
1. Cobalah dari apa yang kamu sukai
Banyak usaha yang berawal dari hobi namun bisa sukses hingga sekarang. Sehingga dengan memulai dari hal yang paling kamu sukai akan lebih mempermudah dalam menemukan niche bisnis yang kamu jalankan sekarang.Â
Kamu bisa memposisikan diri sebagai target market dan mulai melakukan perencanaan apa saja yang harus kamu lakukan dan dibutuhkan oleh target market dengan hobi atau kesukaan yang sama seperti kamu.
2. Lakukan riset pasar dengan jelas
Kamu bisa menemukan niche market dengan melihat apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar, dengan begitu kamu bisa menciptakan produk yang memang benar-benar sedang dibutuhkan.Â
Untuk memulainya kamu bisa mencari di Google trends dengan keyword yang sesuai produk kamu dan lihat hasilnya, apakah banyak dicari oleh pengguna internet.