Semakin cerdas dan kritisnya pelanggan dalam menilai sebuah produk tentu menjadi tantangan yang besar untuk menarik perhatian mereka dan menjadikannya sebagai pelanggan yang loyal. Â Menurut Kotler yang dikutip dalam jurnal yang dibuat oleh Ahmad Merdalis mengungkapkan, setidaknya ada 6 kenapa pelanggan yang loyal kehadirannya sangat penting untuk sebuh bisnis sebagai berikut:
1. Pelanggan yang loyal adalah mereka yang lebih prospektif, di mana artinya akan memberikan dampak yang baik bagi sebuah bisnis
2. Untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal, dibandingkan dengan memberikan treatment pelanggan yang telah loyal
3. Pelanggan yang sudah percaya terhadap sebuah produk, akan lebih mudah untuk percaya dengan produk lainnya
4. Biaya operasional yang dikeluarkan sebuah instansi atau bisnis akan jauh lebih murah
5. Mampu mengurangi biaya psikologis dan sosial, karena pelanggan yang loyal telah memiliki pengalaman yang positif terhadap sebuah instansi atau produk
6. Pelanggan yang loyal akan merekomendasikan sebuah instansi atau produk secara mudah.
Mengingat pentingnya kehadiran pelanggan loyal, hampir semua pelaku bisnis akan melakukan berbagai strategi untuk mendapatkannya karena itu menjadi tugas yang tidak mudah untuk dilakukan. Untuk itu beberapa strategi berikut ini bisa kamu lakukan untuk menggaet lebih banyak pelanggan loyal.
1. Berikan reward bagi pelanggan lama
Kamu bisa memikirkan bagaimana cara terbaik untuk memberikan reward bagi pelanggan loyal. Memberikan mereka spesial diskon, hadiah, atau mungkin meet and great bersama brand ambassador yang kamu miliki bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian mereka.
2. Berikan update terbaru melalui email marketing