Mohon tunggu...
HIGOspot
HIGOspot Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Let's Make Your WiFi Smart | Everyone like free wifi

Let's Make Your WiFi Smart | WiFi Advertising Platform yang membantu pelaku usaha untuk mengenal pengunjung secara dekat layaknya teman, membantu advertiser untuk beriklan serta melakukan human-based marketing dengan data analitik. http://higo.id/higospot-social-wifi

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Meraih Loyalitas Pelanggan, Cocok Buat yang Baru Punya Usaha

29 Mei 2019   17:08 Diperbarui: 8 Juni 2019   23:55 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rawpixel on Unsplash

Semakin cerdas dan kritisnya pelanggan dalam menilai sebuah produk tentu menjadi tantangan yang besar untuk menarik perhatian mereka dan menjadikannya sebagai pelanggan yang loyal.  Menurut Kotler yang dikutip dalam jurnal yang dibuat oleh Ahmad Merdalis mengungkapkan, setidaknya ada 6 kenapa pelanggan yang loyal kehadirannya sangat penting untuk sebuh bisnis sebagai berikut:

1. Pelanggan yang loyal adalah mereka yang lebih prospektif, di mana artinya akan memberikan dampak yang baik bagi sebuah bisnis

2. Untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal, dibandingkan dengan memberikan treatment pelanggan yang telah loyal

3. Pelanggan yang sudah percaya terhadap sebuah produk, akan lebih mudah untuk percaya dengan produk lainnya

4. Biaya operasional yang dikeluarkan sebuah instansi atau bisnis akan jauh lebih murah

5. Mampu mengurangi biaya psikologis dan sosial, karena pelanggan yang loyal telah memiliki pengalaman yang positif terhadap sebuah instansi atau produk

6. Pelanggan yang loyal akan merekomendasikan sebuah instansi atau produk secara mudah.

Mengingat pentingnya kehadiran pelanggan loyal, hampir semua pelaku bisnis akan melakukan berbagai strategi untuk mendapatkannya karena itu menjadi tugas yang tidak mudah untuk dilakukan. Untuk itu beberapa strategi berikut ini bisa kamu lakukan untuk menggaet lebih banyak pelanggan loyal.

1. Berikan reward bagi pelanggan lama

Kamu bisa memikirkan bagaimana cara terbaik untuk memberikan reward bagi pelanggan loyal. Memberikan mereka spesial diskon, hadiah, atau mungkin meet and great bersama brand ambassador yang kamu miliki bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian mereka.

2. Berikan update terbaru melalui email marketing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun