Tak bisa dipungkiri dari tahun ke tahun tren pemasaran digital selalu berubah. Perkembangan tren tidak lepas dari banyaknya media baru yang bermunculan, kreativitas yang semakin tanpa batas, dan kemudahan dalam mendapat informasi.Â
Pemasaran digital masih menjadi langkah yang paling tepat untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jika menengok 3 tahun ke belakang, Facebook sempat merajai tren pemasaran digital, namun 2019 ini tren pemasaran digital semakin berubah. Sebagai pelaku bisnis, kamu diwajibkan untuk mengetahui tren apa yang paling tepat untuk menjangkau lebih banyak konsumen.Â
1. Mulailah dengan mencoba Instagram Ads
Setiap hari pengguna Instagram memiliki kenaikan yang cukup signifikan. Di Indonesia sendiri, media sosial yang diakusisi oleh Facebook ini mampu bertengger di urutan teratas setelah Youtube.Â
Instagram ads menjadi tren pemasaran digital yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba. Berbagai macam jenis ads ini bisa kamu pilih sesuaid engan kebutuhan. Tapi kamu harus memastikan bahwa akun Facebook official bisnis kamu masih aktif ya.
2. Lebih sering menggunakan Instagram Stories
Data yang berhasil didapatkan dari conference call oleh CEO Facebook, Mark Zukerberg, bahwa hampir setengah dari pengguna Instagram menggunakan Instagram Stories. Dapat dibayangkan bahwa 500 orang juta orang aktif update kegiatan mereka di Insta Story masing-masing, otomatis peluang brand untuk mengjangkau pengguna Instagram sangat terbuka lebar.
3. Gunakan micro influencer
Micro influencer semakin banyak dilirik brand untuk menjalin kerja sama. Micro influencer sendiri memiliki kekuatan yang nyatanya lebih baik dari influencer yang sudah memiliki follower yang besar. Jumlah follower yang tidak terlalu tinggi tapi mampu melakukan interkasi yang tinggi dari setiap postingan yang dibuat tentunya akan jauh lebih efektif.
4. WiFi advertisingÂ