Mohon tunggu...
HIGOspot
HIGOspot Mohon Tunggu... Let's Make Your WiFi Smart | Everyone like free wifi

Let's Make Your WiFi Smart | WiFi Advertising Platform yang membantu pelaku usaha untuk mengenal pengunjung secara dekat layaknya teman, membantu advertiser untuk beriklan serta melakukan human-based marketing dengan data analitik. http://higo.id/higospot-social-wifi

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Baru Mulai Usaha? Terapin 5 Tips Ini Biar Keuangan Nggak Buntung

8 Januari 2019   18:53 Diperbarui: 8 Januari 2019   18:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
Baru Mulai Usaha? Terapin 5 Tips Ini Biar Keuangan Nggak Buntung
Sharon Mccutcheon on Unsplash

Pembukuan keuangan yang nggak tersusun dengan rapi selalu menjadi kendala bagi kamu khususnya para pembisnis yang baru mulai usaha. Pengeluaran dan pemasukan yang nggak tersusun dengan rapi membuat kamu sering kesulitan sendiri menghitung keuntungan yang didapatkan pada bulan ini, bahkan nggak jarang uang pribadi digunakan untuk menambah biaya operasional. 

Jika sudah begini, biar usaha kamu nggak buntung mulailah dengan mengatur keuangan secara profesional meski usaha kamu terbilang baru dan kecil. Untuk memulainya kamu bisa menerapkan 5 tips berikut ini.

1. Mulailah dengan memisahkan keuangan usaha dengan pribadi

Artem Bali on Unsplash
Artem Bali on Unsplash
Hal yang sering terlupakan bagi para pembisnis pemula yaitu mencampurkan keuangan usaha dengan pribadi. Padahal keuangan yang tercampur akan menyulitkan kamu dalam menghitung biaya operasional dan pemasukan dari hasil penjualan. Meski usaha kamu masih kecil, memisahkan keuangan tetap perlu dilakukan.

2. Bayarlah semua tagihan di awal waktu

Rawpixel on Unsplash
Rawpixel on Unsplash
Menunda pembayaran termasuk hal yang keliru, selain kamu bisa dikenakan denda, nggak jarang uang yang seharusnya dibayarkan untuk tagihan digunakan untuk keperluan lain jadi alhasil kamu nggak bisa bayar tagihan bulan ini dan membengkak di bulan depan. Jadi mulailah untuk disiplin untuk bayar semua tagihan di awal waktu. 

3. Buatlah pembukuan secara terperinci

Rawpixel on Unsplash
Rawpixel on Unsplash
Sekecil apapun biaya operasional yang dikeluarkan tetap harus tercatat secara detail. Kamu perlu ingat meski jumlahnya kecil pengeluaran tersebut tetap berpengaruh dalam perhitungan modal yang harus kamu keluarkan di bulan ini. Lewat perhitungan modal yang benar, kamu akan dengan mudah menghitung keuntungan yang didapat.

4. Cobalah untuk konsisten membuat pembukuan 

Green Chameleon on Unsplash
Green Chameleon on Unsplash

Membuat pembukuan secaraa konsisten itu perlu. Selama usaha kamu masih berjalan, selama itu pula pembukuan tetap harus dilakukan. Dari situ masih bisa melakukan penilaian apakah usaha kamu memiliki peluang yang besar untuk sukses dan menghasilkan keuntungan yang diinginkan. 

5. Menekan penggunaan anggaran lain-lain

Neonbrand on Unsplash
Neonbrand on Unsplash
Anggaran lain-lain memang diperuntukan untuk digunakan dalam hal lainnya di luar biaya operasional, untuk itu penggunaan anggaran lain ini bisa kamu gunakan dengan bijak agar di akhir bulan agar sisanya bisa masuk ke dalam anggaran modal.

Jadi buat kamu yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan bisa banget terapin tips berikut ini. Buat kamu pengusaha kafe atau resto dan memiliki fasilitas free wifi, kamu bisa gunakan social wifi. Social wifi membantu kamu untuk mengetahui siapa saja pengunjungmu mulai dari nama, gender, media sosial yang sering digunakan hingga survei yang menarik. Untuk info selengkapnya kamu bisa kunjungi http://higo.id/higospot-social-wifi.