Mohon tunggu...
Hidayat Harsudi
Hidayat Harsudi Mohon Tunggu... Akuntan - The Accountant

Tinggal di Kota Makassar - Auditor, Pemain Musik, dan Penikmat Film

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kehidupan Minimalis Saya

13 Agustus 2021   23:28 Diperbarui: 13 Agustus 2021   23:31 110 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kehidupan Minimalis Saya
Ilustrasi : layar.id

Malam itu sehabis nonton film, saya mulai menyortir pakaian yang ada di dalam lemari saya. Meski lemari saya cukup kecil, namun itu penuh dengan pakaian yang tidak tertata. Awalnya saya mengeluarkan semua pakaian dari dalam lemari dan memisahkannya berdasarkan sering atau tidaknya saya pakai. 

Ada kemeja yang sudah bertahun-tahun tidak pernah saya gunakan, ada celana jeans yang saya lupa kenapa bisa ada di lemari, dan banyak barang yang baru saya sadari ternyata ada di dalam lemari selama bertahun-tahun. "Saya akan mengosongkan lemari ini dan memulai kehidupan minimalis saya hari ini" tekad saya waktu itu.

Sebelum memulai kehidupan minimalis, pertama saya berkenalan dengan kata minimalis adalah saat Ibu saya menugaskan untuk merenovasi rumahnya yang saya tinggali. Saya memulai tugas mulia ini dengan mencari banyak referensi model rumah minimalis lewat pinterest karena pada saat itu, rumah minimalis sedang tren. 

Saya mengetik di kolom pencarian "model rumah minimalis" dan keluarlah gambar eksterior dan interior rumah minimalis yang sangat memanjakan mata itu. "Model seperti ini yang cocok buat saya dan Ibu saya akan menyukainya juga" pikir saya waktu itu. 

Saya pun memilih beberapa model dan menyesuaikan dengan budget dan akhirnya saya mendatangkan tukang untuk mengerjakannya. Rumah selesai direnovasi dan saya menuai banyak decak kagum dari tetangga, teman-teman, dan tentu saja Ibu saya.

Setelah mendapatkan kesan yang baik dengan kata minimalis, Saya kembali mengetik di kolom pencarian "gaya hidup minimalis", kali ini saya mengetiknya di youtube. 

Beragam video tentang hidup minimalis muncul sesuai dengan rekomendasi algoritma youtube. Lewat dari youtube inilah saya bisa sampai menonton film yang saya sebutkan di paragraf awal. 

Film ini merupakan film Thailand yang rilis tahun pada 2019 dengan judul "Happy Old Year". Film ini bercerita tentang seorang wanita yang ingin mengorganisasikan ulang rumahnya untuk menjadi kantor. Rumahnya penuh dengan barang dan ia ingin membuang semua barang itu. Namun, ia menemui kesulitan saat akan membuang beberapa barang.

Kesulitan yang dirasakan oleh Jean, tokoh utama dalam film Happy Old Year saat akan menyingkirkan barang-barangnya juga saya alami. Terutama menyingkirkan barang-barang yang sifatnya sangat sentimentil. 

Saran saya, ketika akan menyingkirkan barang-barang seperti itu, simpanlah dulu di dalam kardus sebelum membuangnya. Pikir baik-baik dan tanamkan di dalam pikiran kalau itu hanyalah sekedar barang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan