Mohon tunggu...
Hidayat
Hidayat Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar

Sepatutnya kita harus selalu belajar dalam hal apapun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Alumni Agroteknologi UMG Jembatani Kerjasama SMKN 1 Singgahan Tuban dan PT Semen Gresik Pabrik Rembang

24 November 2022   12:21 Diperbarui: 24 November 2022   13:07 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Suasana Diskusi

Kegiatan kerjasama antara SMK N 1 Singgahan Tuban dengan perusahaan PT. Semen Gresik Pabrik Rembang, dilakukan pada tanggal tanggal 30 September 2022, Adapun pihak yang terlibat adalah Kepala SDM PT. Semen Gresik Pabrik Rembang, Bapak Adi Kusetiyawan. Kegiatan ini dibantu oleh alumni Agroteknologi UMG yang didampingi oleh Dosen UMG melalui program SMK PK.

Isu yang dibahas adalah Kerjasama SMKN 1 Singgahan Tuban dengan PT. Semen Gresik Pabrik Rembang yang difasilitasi oleh Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) dalam kegiatan pendampingan SMK PK tahun 2022 terkait pendampingan dengan Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDI). Bentuk kerjasamanya yaitu magang/PKL siswa SMKN 1 Singgahan Tuban.

Dalam kesempatan ini UMG juga membangun Kerjasama dengan PT. Semen Gresik Pabrik Rembang pada kegiatan magang/PKL dan penelitian.

Hasil dari pertemuan ini adalah Sebelum kehadiran Kami ke PT. Semen Gresik Pabrik Rembang di Rembang dalam rangka membangun Kerjasama, diawali dengan keberadaan Alumni Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Gresik yang telah bekerja di PT. Semen Gresik Pabrik Rembang. 

Komunikasi Rohmatin Agustina salah satu dosen dari Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UMG yang juga sebagai PIC Pendamping Program SMK PK Di SMKN 1 Singgahan Tuban dengan saudara Prasetro (Alumni Prodi Agroteknologi UMG) inilah akhirnya berlanjut sampai dilakukannya kunjungan ke PT. Semen Gresik Pabrik Rembang dalam rangka kerja sama magang/PKL/Internship.

Program pendampingan SMK PK yang dilakukan oleh UMG di SMK N 1 Singgahan tidak hanya dalam kegiatan FGD dengan topik-topik materi yang menunjang Kompetensi keahlian (KOMLI) Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH)  secara khusus dan secara umum Komli yang ada di SMK N 1 Singgahan. Tetapi Kami juga menginisisasi Kerjasama SMK N 1 Singgahan Tuban dengan Dunia usaha dan dunia kerja. PT. Semen Gresik Pabrik Rembang menjadi salah satu Perusahaan BUMN dengan lokasi yang berdekatan SMK N 1 Singgahan yang Kami hubungkan menjadi mitra Kerjasama.

PT. Semen Gresik merupakan BUMN yang bergerak di industry Semen dengan Visi Menjadi Pionir Industri Semen dalam Menciptakan Nilai Berkelanjutan melalui Percepatan Teknologi Ramah Lingkungan. Dalam program karir nya, PT. Semen Gresik juga membuka kesempatan magang/PKL/Internship kepada Perguruan Tinggi dan Sekolah. Keberadaan program inilah yang menjadi dasar Kami membangun Kerjasama dengan PT. Semen Gresik. Alhamdulillah Kami berkesempatan bersilaturrahim dengan Bapak Adi kusetiyawan selaku kepala SDM PT. Semen Gresik pabrik Rembang untuk berdiskusi terkait Kerjasama ini. Beliau menyampaikan sangat terbuka menerima Kami dalam Kerjasama magang/PKL/Internship pada lingkup magang yang sudah disediakan antara lain untuk jurusan Statistika, Ilmu administrasi, Biologi, Hubungan internasional, Teknik industry, Ilmu hukum, Akuntansi, Teknik sipil, Teknik mesin, dan Teknik geologi. Semua proses magang/PKL/Internship dilakukan secara online di website https://zonamagangsemengresik.com/ . Mahasiswa atau siswa dapat mendaftar magang/PKL/Internship ke website ini, disini telah di sebutkan persyaratannya, kuota yang dibutuhkan sampai pada penerimaan peserta magang/PKL/Internship. Kegiatan magang/PKL dibuka setiap 2 bulan sekali, dengan masa magang 2 bulan. Diharapakan mahasiswa/siswa peserta magang/PKL dapat mendaftar sebulan sebelumnya disini.

Siswa dari Komli Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMKN 1 Singgahan Tuban juga dapat magang/PKL disini. Komli ATPH bukanlah komli yang match dengan industry semen namun, PT Semen Gresik dengan visi nya berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan sehingga dalam SG CSR ada devisi lingkungan hidup dengan ruang lingkup kegiatan reklamasi lahan, penghijauan keanekaragaman hayati, dan pertanian. Disinilah siswa komli ATPH dari SMK N 1 Singgahan diterima dalam program magang/PKL/Internship di PT. Semen Gresik pabrik Rembang. Sedangkan komli lain di SMKN 1 Singgahan yang mach dengan bidang magang/PKL/Internship PT. Semen Gresik pabrik Rembang antara lain komli multimedia, komli akuntansi dan keuangan Lembaga.

Kami dari UMG beserta Bapak Relawan Sinar Utama, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang hubungan masyarakat, Bapak Amron Setiawan, S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum sekaligus Koordinator SMK PK Di SMK N 1 Singgahan Tuban dan Ibu Ayu Cholifah selaku ketua komli ATPH mengucapkan terima kasih atas diterimanya Kami berkunjung ke PT. Semen Gresik Pabrik Rembang dan di ijinkannya siswa dari sekolah SMK N 1 Singgahan Tuban dan mahasiswa UMG untuk selanjutnya dapat magang/PKL/Internship di PT. Semen Gresik Pabrik Rembang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun