Mohon tunggu...
Hidayat CahyaPamungkas
Hidayat CahyaPamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa PGSD

Mahasiswa PGSD

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Lawan Corona dengan Rajin Cuci Tangan Bersama KKN UNS di Desa Gemeksekti, Kebumen

2 Agustus 2020   19:34 Diperbarui: 2 Agustus 2020   21:49 2 0 0 Mohon Tunggu...

KEBUMEN, dengan adanya wabah covid-19 pada tahun ini, membuat banyak mahasiswa dari berbagai universitas harus melaksanakan KKN secara mandiri di daerah masing-masing terutama mahasiswa dari UNS .

Mahasiswa KKN Covid-19 UNS,Hidayat Cahya Pamungkas, prodi PGSD Kebumen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS yang tergabung dalan Kegiatan KKN Covid-19 Tahap II dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Drs. Wahyudi, M.Pd.

Kegiatan yang dilakukan berupa Supporting keselamatan masyarakat dengan mengadakan sosialisasi mengenai covid-19 dan langkah cuci tangan yang baik. Selain itu, Hesti juga menyediakan fasilitas ember serta sabun cuci tangan untuk setiap rumah warga di Desa Gemeksekti RT 03 RW 04 Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen . KKN Covid-19 ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Mei 2020 sampai 30 Juni.

Supporting keselamatan masyarakat dalam menghadapi wabah covid-19 ini yaitu berupa cuci tangan menggunakan sabun dengan benar dan secara rutin, peringatan untuk selalu jaga jarak/social distancing, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Dengan diadakannya KKN Covid-19 ini, saya mengharap agar warga dapat lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap wabah virus yang tengah terjadi" jelas Hidayat.

Hidayat menjelaskan serangkaian program kerjanya, antara lain pengadaan fasilitas cuci tangan di setiap rumah warga RT 03 serca edukasi dan sosialisasi langkah cuci tangan yang benar,  pembuatan stiker 6 langkah cuci tangan, dan ikut serta penjagaan posko penanggulangan covid-19 di balai desa,

"Pada saat saya mengadakan observasi mengenai bagaimana cara warga mencuci tangan, saya mendapati langkah-langkah cuci tangan yang kurang tepat. Sehingga saya terdorong untuk melakukan sosialisasi secara online maupun langsung kepada warga serta lansia di RT 03 tentang bagaimana langkah cuci tangan yang benar. Saya juga membuat video langkah cuci tangan yang benar, agar warga dapat lebih tertarik untuk memperhatikan dan menerapkan langkah cuci tangan yang benar" imbuh Hidayat.

Dengan adanya KKN Covid-19 ini, warga menjadi sangat antusias dalam menerapkan langkah cuci tangan yang benar serta mengikuti protokol kesehatan di manapun pada saat mereka melakukan aktivitas di rumah maupun di luar rumah.

Hesti berharap setelah adanya KKN Covid-19 ini dapat membuat warga lebih patuh dengan protokol kesehatan dan mengurangi terjadinya penularan serta penyebaran wabah covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x