Hidayat Muhammad
Hidayat Muhammad

penggiat gaya hidup sehat , hobby olahraga tennis , berenang dan sepak bola.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Sepucuk Surat untuk Membela Indonesia di Tahun 2018 : Tidak Ada Hasil yang Mengkhianati Usaha

1 Desember 2017   21:40 Diperbarui: 3 Desember 2017   16:54 1814 1 0
Sepucuk Surat untuk Membela Indonesia di Tahun 2018 : Tidak Ada Hasil yang Mengkhianati Usaha
Pikiranrakyat.com

Melihat Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games ke XVIII di Jakarta dan Palembang menjadi sebuah kebanggan tersendiri buat saya . apalagi dalam penyelenggaraan kali ini kita akan mencetak sejarah sebagai Tuan Rumah yang menjadi penyelenggara yang mempertandingkan cabang olahraga terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan Asian Games, dengan mempertandingkan 44 cabang olahraga yaitu 33 cabang olahraga Olimpiade dan 11 cabang olahraga non olimpiade dengan jumlah nomor pertandingan medali sebanyak 490 nomor.

Dunia Olahraga selalu menjadi alat yang bisa mempersatukan bangsa ini , ya sejak saya masih kecil melihat susi susanti dan alan budikusuma berhasil mengibarkan bendera di ajang olimpade membuat saya dan mungkin banyak rakyat indonesia pada saat itu menangis haru , kita bangga , bangga dan sangat bangga . lalu berlanjut dengan perjuangan perjuangan atlet indonesia lainnya , saat yayuk basuki atlet tennis indonesia yang mampu mempersembahkan emas untuk tenis di Asian Games 1998 di Bangkok  , kemenangan-kemenangan atlet Indonesia membuat saya seperti terpacu ingin berkompetisi dan berbakti untuk bangsa ini meskipun dengan bidang-bidang yang berbeda.

wahai para Atlet Indonesia , Bangsa ini dikatakan oleh banyak pakar sedang mengalami disintegrasi dan konflik SARA yang  bisa saja membuat bangsa kita goyah , pecah dan berkonflik. tapi tahukah kalian.... kalian lah salah satu alat yang bisa mempersatukan bangsa ini ... ya kalian para atlet atlet kebanggan kami... saya selalu mengingat saat tim nasional sepakbola kita bertanding baik di sea games , piala AFF , piala ASIA selalu ada nonton bareng , pun dengan atlet-atlet bulutangkis yang sedang berlaga di berbagai turnamen , sejenak kami bisa lupa akan masalah bangsa ini ...lalu kami berbaur dan bersatu mendukung kalian .... 

kami tidak lagi peduli kalian dari suku mana , kami dari suku mana , kalian dari etnis mana kami dari etnis mana kalian dari agama apa pun kami dari agama apa.... ya olahraga bisa mempersatukan bangsa ini. dan terpujilah kalian wahai para atlet indonesia... olahraga bisa menyatukan bangsa Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika . maka tak salah falsafah bangsa ini dijadikan maskot pada asian games kali ini yang bertujuan tidak hanya untuk menyatukan para atlet dan bangsa indonesia, namun seluruh bangsa asia yang sedang berlaga di Asian games XIII sebagai spirit ENERGY OF ASIA yang berlaga dengan tetap menjungjung tinggi nilai nilai persahabatan , nilai-nilai sportivitas, kerja keras dan semangat perdamaian ..

wahai para atlet Indonesia , saya sempat sedih saat kita boleh kalah di sea games malaysia 2017 kemaren, apalagi saat itu saya berkesempatan langsung nonton SEA Games di kuala lumpur, saat itu kita boleh tertinggal saat itu dari negara negara asia tenggara seperti malaysia dan thailand , tapi sejatinya jadikan kekalahan kemaren  adalah masa lalu yang harus diambil  pelajaran sebaik mungkin sebagai pengalaman berharga untuk bisa lebih baik lagi di masa depan. 

Target 10 besar di Asian Games kali ini oleh pemerintah harus kalian terima sebagai tantangan dengan berlatih lebih giat lagi, lebih keras lagi, persiapkan fisik dan mental bertanding kalian sebaik mungkin, selalu kibarkan semangat pantang menyerah dalam diri kalian persembahkan kemenangan manis kepada kami rakyat indonesia  agar bendera dan lagu kebangsaan kita bisa dikumandangkan di depan publik sendiri, sebagai kebanggaan yang sangat besar bagi kami rakyat Indonesia. 

Kepada pemerintah , saya berpesan agar kita sebagai Tuan Rumah bisa menyelenggarakan event olahraga terbesar di Asia ini dengan sukses , baik sukses sebagai penyelenggara maupun sukses para atletnya dalam mempersembahkan medali yang terbaik untuk bangsa ini. Untuk itu perlu dipersiapkan dengan baik Infrastruktur-infrastuktur yang mendukung , kesiapan para atlet, pelatih dan official serta hal hal lain yang mendukung untuk mencapai target 10 besar di Asian Games XVIII . Selain itu sukses sebagai penyelenggara yang akan meninggalkan kenangan indah tersendiri baik bagi bangsa ini sebagai Tuan rumah maupun negara-negara asia lainnya sebagai tamu.

 Saya Selalu percaya "Tidak ada hasil yang mengkhianati Usaha", dengan semangat tinggi , pola pelatihan yang baik dan terukur , latihan yang optimal , serta kerja keras dari semua elemen akan menghasilkan target yang maksimal , bukan tidak mungkin perlahan tapi pasti kita akan menjadi yang terbaik di Asia , lalu kemudian berlanjut ke ranah yang lebih tinggi dan prestisius yaitu Olimpiade.

Terakhir kepada masyarakat Indonesia , saya berpesan marilah bersatu menyatukan semangat dan doa , jadilah kita tuan rumah yang baik, tunjukkan kepada masyarakat asia dan dunia  kalau kita sebagai bangsa Indonesia adalah bangsa yang ramah tamah , bangsa yang penuh dedikasi dalam menjujung tinggi persatuan, persaudaraan dan persahabatan serta nilai nilai kejujuran dan sportivitas .

Semoga para atlet kita  bisa sukses berprestasi  di Asian Games nanti ......