Edukasi

Sulitnya Memulai Untuk Menulis Ilmiah

13 Juli 2018   01:37 Diperbarui: 13 Juli 2018   02:59 204 0 0

setelah sekian lama tidak lagi membaca buku, tidak lagi menulis bahkan hanya sekedar tulisan bebas yang bisa diposting di blog maupun media sosial dan saat ini dihadapkan sebuah tugas yang mengharuskan menulis sebuah tulisan ilmiah, yang sesuai kaidah keilmuan lengkap dengan analisis, pembahasan hingga kesimpulan dari tulisan yang kita buat.

sungguh, sulit dari mana akan memulai untuk membuat tugas tersebut, dari mulai pemilihan topik, judul, konsep serta pisau analisi yang akan digunakan begitu membuat kepala terkuras energinya. 

akan beda cerita kalau tugas ini sebuah essay bebas, tanpa harus membuat sebuah analisis yang menarik namun juga dapat di pertanggungjawabkan, bisa menulis apa saja yang ada di kepala, apa saja yang dilihat, tanpa memikirkan kerangka konsep.

sampai saat ini masih berusaha agar bisa fokus untuk dapat membuat sebuah tulisan ilmiah yang bukan hanya menarik, namun juga dapat dipertanggungjawabkan. 

walau memang dirasa tidak mudah, semoga ini menjadi sebuah batu pijakan agar saya mencari tahu bagaimana caranya membuat/menuangkan pikiran yang ada kedalam sebuah tulisan ilmiah, dapat lebih banyak membaca untuk menambah referensi, memulai belajar hal-hal baru untuk memperkaya wawasan dan tentunya latihan menulis secara intensif, sehingga akan terbiasa.

#ManJaddaWaJada