Mohon tunggu...
Hafiz Hasibuan
Hafiz Hasibuan Mohon Tunggu... Mahasiswa Filsafat Islam

Tinggal di Iran sambil studi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tiga Makam Tokoh Persia dari Abad Pertengahan

25 September 2020   02:23 Diperbarui: 25 September 2020   02:28 115 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Makam Tokoh Persia dari Abad Pertengahan
Makam Koresh Agung Abad keenam SM by beytoote.com

Iran adalah bangsa yang memiliki sejarah panjang dan memiliki banyak tokoh yang terkenal di dunia. Tidak salah jika di depan gedung PBB dibangun patung empat tokoh Iran. Keberadaan mereka menjadi pondasi kemajuan sains yang dimiliki barat hari ini. 

Pada abad pertengahan tokoh-tokoh dari Iran mewarnai peradabad pada zamannya, sedangkan Eropa yang pada zaman modern mencapai puncak peradaban ternyata memiliki sejarah yang gelap pada abad pertengahan.

Di Iran sebagian tokoh-tokoh Iran yang terkenal abad pertengahan masih tetap dikenang. Salah satu cara Iran mengenangnya adalah dengan membangun makam mereka seunik mungkin.

Makam-makam yang dibangun menjadi tempat wisata. Sekeliling makam dibangun taman yang asri sebagai tempat masyarakat Iran bersantai bersama keluarga. Bahkan untuk mengunjunginya harus membeli tiket masuk.

Sebenarnya cara mereka mengenang para tokoh tidak hanya dengan membangun makam mereka. Peninggalan karya para tokoh masih tetap di pelajari. 

Seperti misalnya buku Ibnu Sina yang masih dipelajari diperguruan tinggi. Terkhusus buku filsafatnya. Pada hari tertentu dalam setiap tahun juga ada festival dan konfrensi khusus menggali dan meneliti pemikiran para tokoh. Misalnya saja festival Ibnu Sina.

Patung-patung para tokoh juga dapat kita temukan di taman-taman kota. Patung-patung tersebut menjadi penghias keindahan taman. Dengan begitu para tokoh akan selalu ada bersama dengan masyarakat.

Cara unik Iran menghargai tokoh-tokoh yang telah mengharumkan bangsanya layak menjadi inspirasi. Hal ini akan membuat generasi berikutnya tidak kehilangan jejek para pendahulunya. Semangat para tokoh akan tetap hidup.

Jika ada kesempatan mengunjungi Iran maka tidak salah untuk pergi mengunjungi makam-makam tersebut. Makam-makan tersebut dibangun unik sesuai dengan budaya khas Persia.

Makam Ibnu Sina di Hamedan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x