Mohon tunggu...
andian ramadhan
andian ramadhan Mohon Tunggu... Hanya Blogger Biasa

Pengangguran udah gitu aja Eh jangan lupa mampir ke hewanairinfo.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Jenis Ikan Louhan Paling Populer

16 Juli 2019   16:35 Diperbarui: 19 April 2021   19:24 2677 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jenis Ikan Louhan Paling Populer
Ikan Louhan | Hewan Air Info

Ikan louhan ini merupakan ikan yang sangat sering dicari dan juga dibudidaya di indonesia karena di indonesia sendiri komoditi untuk ikan louhan ini juga sangat dicari. 

Ikan louhan ini juga mempunyai daya tarik yang unik untuk kamu yang sedang ingin mencari ikan hias yang bagus untuk dipelihara. Sebenarnya banyak sekali jenis ikan louhan ini, namun hanya beberapa saja yang terkenal dan mempunyai pasar yang sangat banyak.

Ikan louhan ini berasal dari hasil perkawinan dari ikan cichlidae yang dilaukan di malaysia pada tahun 1993. Saat penemuan awal ikan ini dinamai ikan karoli yang berarti kapal tempur karena saat menemukan ikan ini peneliti tersebut menemukan punuk atau adanya benjolan yang berada di kepala ikan louhan.

Ikan louhan ini juga termasuk dalam jenis ikan hibrida jadi ikan ini hanya bisa ditemukan di tempat budidaya dan bukan di tempat lain. 

Walaupun ikan ini ditemukan pada tahun 1993 namun ikan ini diresmikan pada tahun 1998 dan akhirnya membuat ikan ini menjadi sangat populer hingga sekarang.

Adapun beberapa jenis ikan louhan yang sangat terkenal yang sering dibuat komoditi oleh para penghobinya.

1. Ikan Louhan Kamfa

Ikan Louhan Kamfa | hewanairinfo.blogspot.com
Ikan Louhan Kamfa | hewanairinfo.blogspot.com
Ini merupakan jenis ikan louhan kamfa yang paling digemari bukan hanya di Indonesia saja namun penggemarnya sampai di Asia Tenggara. Ikan jenis ini bukan hanya cantik namun ikan louhan kamfa ini juga menawan dengan kombinasi corak di tubuhnya seperti membentuk bunga. Ciri ciri dari ikan jenis ini adalah adanya bintik putih dibagian ekor maupun siripnya.

Keunikan lainnya adalah dimatanya yang cekung. Ikan louhan kamfa ini juga mempunyai jenis lainnya seperti ikan louhan kamfa v8, lion king, dan ikan louhan kamfa f2. Untuk harga ikan louhan kamfa ini masuk dalam kategori harga termahal dan bisa mencapai Rp. 850.000 - Rp. 3.500.000.

2. Ikan Louhan Cencu

Ikan Louhan Cencu | hewanairinfo.blogspot.com
Ikan Louhan Cencu | hewanairinfo.blogspot.com
Ikan jenis ini sering juga dipanggil sebagai ikan mutiara dan juga ikan ini di golongkan menjadi 2 yaitu cencu klasik dan cencu modern. Yang membuat ikan louhan cencu ini dipanggil ikan mutiara adalah bintik - bintik yang berwarna putih keabuan mirip seperti mutiara. Selain bintik tersebut pada ikan jenis ini juga mempunyai 2 warna yang berbeda pada tubuhnya.

Untuk membedakan ikan louhan cencu klasik dan modern adalah dari warna dominan pada ikan tersebut dan motif mutiaranya. Untuk yang klasik mempunyai motif mutiara yang lebih sedikit dan motif warna merah yang lebih dominan. 

Ukuran tubuh dari cencu klasik juga lebih kecil dibandingkan cencu modern. Cara merawat ikan louhan cencu ini sangat mudah dan akan dijelaskan di hewan air info. Untuk harganya sekitar Rp 150.000 - Rp 750.000

3. Ikan Louhan SRD

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x