Lokasi : SMK Negeri 1 Pejawaran Kab. Banjarnegara Jawa Tengah
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Aplikasi Pengolah Angka
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah motivasi belajar peserta didik yang masih rendah pada materi Aplikasi Pengolah Angka
Hal ini terlihat pada kondisi-kondisi berikut:
- Peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran terutama mata pelajaran Informatika. Beberapa peserta didik cenderung diam saat ditanya kembali tentang materi yang  dipelajari seperti pada materi Aplikasi Pengolah Angka.
- Beberapa peserta didik cenderung mengantuk ketika mempelajari suatu materi.
- Peserta didik terlihat lesu dalam mengikuti kegiatan belajar.
- Siswa sering bermain sendiri pada saat di lab komputer.
Berdasarkan kondisi-kondisi diatas, penulis melakukan kajian literatur dan wawancara untuk mengetahui akar penyebab masalah dari rendahnya motivasi belajar peserta didik yaitu model yang digunakan dalam proses pembelajaran belum sesuai sehingga menyebabkan guru tidak mampu mengelola kelas dengan baik. Hal tersebut menjadikan motivasi atau kemauan peserta didik untuk belajar menjadi rendah.
Laporan Best Practice perlu dibagikan karena setelah dilakukan Praktik Pengalaman lapangan (PPL), banyak perubahan sikap pada peserta didik yang berdampak pada keberhasilan dalam proses pembelajaran. Selain itu, kemungkinan besar banyak para Pendidik yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga melalui laporan Best Practice ini dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi rekan-rekan Pendidik lainnya.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat.