Mohon tunggu...
hesty Gorang
hesty Gorang Mohon Tunggu... Lainnya - Buku gudang ilmu

📝Penulis buku : Pena Pedang Penulis, Muslimah Kanan. 📝Anggota di FLP NTB 🔮Pemilik blog : Lancarberbahasa.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi

10 Keuntungan Menulis di Blog

24 Oktober 2021   20:44 Diperbarui: 24 Oktober 2021   20:54 77 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok pribadi: Manfaat menulis di blog

Blog sudah menjadi wadah yang nyaman untuk para penulis. Blog tidak saja digunakan untuk curhat dan berbincang soal keseharian seseorang. Namun lebih dari itu. Blog telah digunakan untuk beberapa hal dia nataranya adalah: Memberikn informasi, menulis karangan, menulis hasil pembelajaran, bahkan digunakan oleh guru-guru untuk media belajar mengajar.

Dalam kesempatan ini. Komunitas balai jurnalistik berbincang soal manfaat yang diapatkan oleh bloger. Dalam diskusi yang dimoeratori oleh neng Helma dan ibu Nina sebagai narasumber sangat memberikan motivasi sebagai suntikan terbaru untuk terus menulis. 

10 Keuntungan menulis di blog

1. Menulis

Keuntungan pertama yang akan kita rasakan adalah kita akan terdorong untuk menulis. Menurut ibu Nina, dengan memiliki blog seseorang akan terangsang untuk menulis. Jadi blog itu sebagai perangsang untuk mau menulis. Kalau sudah ada blog pastinya seseorang akan ada keinginan untuk menulis. Karena, kegunaan utama sebuah blog adalah untuk menulis. Beliau pun menuturkan tentang menfaat menulis yaitu untuk melatih fungsi otak agar tidak mudah terkena al-zaimer atau penyakit lupa.

2. Rajin Membaca 

Seseorang yang ingin menulis pasti menginginkan tulisannya bagus di mata para pembaca. Maka yang harus dilakukan adalah membaca. Selain mendorong untuk menulis, blog juga mendorong untuk membaca. Karena tulisan yang baik dan bagus berasal dari hasil bacaan yang baik pula. 

3. Pembaharuan informasi

Sebagai seorang bloger pastinya akan menyampaikan informasi lewat blognya. Apa yang dibaca, ditonton bisa diulas kembali dan diposting di blog kita.

4. Tidak gaptek

Sekarang semua orang bisa eksis. Dari berbagai media sosial, baik dari FB, IG, Twitter, dan Line. Nah, dengan blog pun kita bisa eksis. Segala informasi bisa kita tulis kembali lewat blog. BIsa tentang diri kita, orang lain, dan berbagai pengalaman kita yang bisa dijaikan tulisan, dan yang nantinya kita pun akrab dengan media sosial. 

5. Mengetahui ilmu marketing

Bukan hanya seorang selles yang bisa memiliki ilmu marketing. Dengan adanya blog kita  pun bisa memahami ilmu marketing. Tulisan-tulisan kita yang ditulis diblog akan terbaca hal itu akan mengarahkan kita pada ilmu marketing. 

6. Memiliki koneksi yang luas

Dengan adanya blog, kita dapat memperluas koneksi dengan orang lain. Bagimana caranya? tentunya dengan cara "jalan-jalan" ke blog teman kita. Setelah kita berkunjung ke blog teman, tentunya akan ada feedbeck pula dari teman kita. jadinya jaringan akan terus bertambah. Selain itu, kita juga harus membagi postingan kita ke media sosial yang kita miliki, baik di FB, Twitter atau lewat linktree. 

7. Jiwa peneliti

Nah, ini dia point pentingnya. Dengan menulis diblog, jiwa kita akan termotivasi untuk menjadi seorang peneliti. Misalnya saja. Kita ingin menulis tentang makanan enak di sekitar taman Udayana Mataram Lombok, pasti kita harus mencari informasi tentang hal tersebut. Kita akan mencari tentang bagaimana taman Udayana, ramainya kapan aja, makanan apa yang tersedia di sekitar taman dll. 

8. Terkenal

Anda tahu komedian terkenal Raditya Dika? Yah, dia adalah salah satu komika yang terkenal dari blognya. bahkan buku pertamanya pun lahir hasil blognya. 

9. Punya fans

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan