Mohon tunggu...
hesty Gorang
hesty Gorang Mohon Tunggu... Buku gudang ilmu

Seorang ibu rumah tangga yang memiliki tekad yang kuat untuk terus berbagi lewat tulisan. Dengan menulis menjadikan kita terbebas dari segala aturan. Menuliskan, karena kita bukanlah anak raja, dan juga ratu. Kita hanyalah orang biasa yang ingin membuat hidup menjadi luar biasa.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Menulis Autobiografi

24 November 2020   07:30 Diperbarui: 24 November 2020   09:32 76 4 1 Mohon Tunggu...

Menulis sudah menjadi sebuah keterampilan yang tidak saja berguna untuk mengasah otak melainkan sebagai tolak-ukur sebuah keberhasilan seseorang. Katakana saja untuk para guru. 

Sekarang keterampilan menulis bisa menjadi salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat para guru, jika guru mampu membuat sebuah karya ilmiah ini artinya karir merekapun akan berubah.

Banyak guru pun kemudian menitih langkah berlajar menulis. Ada yang harus mengikuti kelas menulis berbayar dan juga gratis. Semua ini demi kepentingan masing-masing, saya pribadi mengikuti kelas menulis untuk mengembangkan bakat minat saya dalam kepenulisan, harapan saya adalah semoga dengan mengikuti kelas menulis dapat menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat untuk orang lain, dan berguna bagi diri sendiri.

Lalau tulisan apa kira-kira yang cocok untuk ditulis diawal menitih dunia kepenulisan? Auobiografi. Yah, ini adalah salah satu cara termudah untuk menulis diawal. 

Mengapa? ketika kita menulis autobiografi berarti kita menulis tentang pribadi kita. penjelasan mengenai autobiografi beserta manfaatnya telah saya dan teman-teman pelajari dalam sebuah group WA yang dimoderatori oleh Bu Aam dan sebagai narasumber adalah Pak. 

Suparno beliau adalah seorang guru, dan telah menjadi seorang kepala sekolah selama 5 tahun. Dalam kelas ini beliau sedikit menjelaskan tentang autobiografi yang diawali dengan menulis pengertian biografi.

"Biografi berasal dari kara biography yang artinya adalah riwayat hidup. Sedangkan autobiography adalah riwayat hidup yang ditulis sendiri"

Dari penjelasan singkat ini bisa kita pahami bahwa autobiografi adalah tulisan yang berisi tentang riwayat hidup kita, yang biasa kita katakan adalah biodata diri namun, kalau biodata riwayat hidup secara singkat itu penegertian dari KBBI.

Kemudian, hal-hal apa yang bisa kita tulis pada autobiografi ini? Menurut pak Suparno kita dapat memulai menulis autobiografi dari kota kelahiran kita, kemudian masa TK sampai SD, dilanjutkan masa SMP-SMA, perguruan tinggi, menikah, berkeluarga dll. 

Mengapa kita harus menulis biografi kehidupan kita. dengan menulis riwayat hidup kita kita bisa mengabadikan sejarah kehidupan kita, sebagai amal jariyah, menjadi motivasi untuk melanjutkan karya yang lain. untuk memudahkan kita dalam menulis biografi kita bisa juga bisa memulainya dengan membaca biografi para tokoh terkenal, ini sebagai cara untuk membuka pikiran kita bagaimna cara menyusun biografi kita. Salah satu contoh buku biografi inspirasi yang bisa dijadikan contoh adalah buku biografi "Khairul Tanjung Si Anak Singkong."

"lengkapilah jejak literasimu dengan memulai menulis Autobiografi" {Pak. Suparno}

VIDEO PILIHAN