Mohon tunggu...
Hesti Nurmasari
Hesti Nurmasari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru kimia di SMK Putra Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menggunakan Metode STAR (2)

28 September 2022   20:58 Diperbarui: 28 September 2022   21:02 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi: SMKS Putra Bangsa Salaman

Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai: Meningkaatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran IPAS pada materi klasifikasi zat.

Pembelajaran aksi 2 dilaksanakan pada hari Senin, 12 September 2022.

Situasi 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah motivasi belajar peserta didik pada materi klasifikasi zat yaitu:

  • Hasil belajar peserta didik masih rendah.
  • Peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran kimia di kelas.
  • Peserta didik kurang berminat mempelajari matapelajaran kimia.
  • Guru masih sering menggunakan model pembelajaran yang monoton.
  • Peserta didik kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
  • Peserta didik beranggapan kimia adalah matapelajaran yang sulit.
  • Pembelajaran yang diterapkan selama ini belum berpusat kepada peserta didik.
  • Proses pembelajaran seharusnya dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik dan guru.

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena:

  • Beberapa guru memiliki permasalahan yang sama dengan apa yang saya hadapi saat ini yaitu tentang motivasi peserta didik yang masih rendah dalam pembelajaran kimia.
  • Praktik pembelajaran ini memotivasi saya untuk mendesain dan melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
  • Memotivasi guru lain untuk mendesain dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif.
  • Praktik pembelajaran ini bisa menjadi refrensi bagi guru-guru lain dalam mengatasi permasalahan motivasi belajar.
  • Proses praktik pembelajaran ini dibimbing oleh dosen dan guru pamong sehingga mendapatkan pengarahan atas kekurangan maupun ketidak sesuaian yang terjadi.
  • Proses pembelajaran berusaha mendekatkan peserta didik dengan permasalahan kontekstual.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Tantangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun