Mohon tunggu...
Hesti Arifin
Hesti Arifin Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Selamat Datang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengertian dan tujuan bimbingan belajar serta ragam masalah belajar dan faktor penyebabnya

2 Desember 2020   10:38 Diperbarui: 29 April 2021   06:07 537 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengertian dan tujuan bimbingan belajar serta ragam masalah belajar dan faktor penyebabnya
Bimbingan belajar bagi pelajar. | kompas.com

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan suatu yang memiliki tujuan yang sangat penting untuk diperoleh. Tujuan pendidikan yaitu membentuk orang yang memiliki sikap atau attitude sosial yang baik, yang dapat bekerja sama dengan lingkungannya, dapat mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan sendiri atau golongan.

 Dalam proses pencapaian tujuan pendidikan tersebut, peserta didik sebagai subyek pendidikan dapat diarahkan kepada suatu pendidikan formal dan informal. (Thahir & Hidriyanti, 2014)

Dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah tentunya tidak selalu berjalan dengan lancar. Terdapat beberapa masalah yang ada dalam penyelenggaraan pendidikan baik yang dialami pendidik maupun peserta didik. Adakalanya mereka menghadapi berbagai kesulitan atau hambatan, seperti prestasi belajar yang rendah, kurang atau tidak adanya motivasi belajar, lambatnya dalam belajar, berkebiasaan kurang baik dalam belajar, sikap yang kurang baik terhadap pelajaran, guru ataupun terhadap sekolah. 

Selain adanya masalah dalam belajar, dalam proses pendidikan juga dapat dipengaruhi oleh adanya beberapa faktor yaitu dari faktor dalam diri hingga dari luar dirinya. Kedua faktor tersebut sangat berpengaruh bagi motivasi peserta diik dalam belajar. Faktor-faktor tersebut juga berjalan beriringan dalam bekerja pada diri peserta didik guna mencapa keberhasilan dalam belajar. (Thahir & Hidriyanti, 2014)

Keberhasilan peserta didik dalam menyelesaikan Pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajarnya, maka prestasi belajar adalah suatu tolak ukur tentang hasil Pendidikan dalam sekolah. Mengingat prestasi belajar adalah salah satu tolak ukur keberhasilan belajar peserta didik, maka prestasi belajar penting untuk ditingkatkan. Bimbingan yang paling tepat untuk dipilih dalam meningkatkan prestasi belajar adalah bimbingan belajar. (Andayani, Sulastri, & Sedanayasa, 2014)

PEMBAHASAN

PENGERTIAN BIMBINGAN BELAJAR

Guru BK merupakan sahabat para peserta didik di sekolah dan juga guru juga ditugaskan untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan perkembangannya dan membantu mewujudkan tujuan pendidikan yang diharapkan. Tujuan pendidikan tersebut dapat diwujudkan melalui penyuluhan yang intensif, efektif, efisien dan berkelanjutan. (Nurhasanah & Nida, 2016)

Dalam menjalani proses belajar peserta didik, memerlukan bantuan dan bimbingan orang lain. Disadari maupun tidak dalam kenyataannya para guru di dalam semua pengajaran yang diberikan secara efektif tersirat beberapa bentuk bimbingan yang membantu peserta didik untuk mengatasi kesulitannya dalam berhitung. 

Menunjukkan kepada peserta didik cara-cara memperbaiki penyelesaian dan membaca kembali tugas pelajarannya, menasihati peserta didik agar berlaku hormat dan ramah kepada orang lain adalah merupakan kegiatan atau perbuatan bimbingan. Salah satu bentuk bimbingan tersebut yaitu bimbingan belajar. (Thahir & Hidriyanti, 2014)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan