Mohon tunggu...
Hesti Sukma
Hesti Sukma Mohon Tunggu... Penulis - Salam Kenal

Mahasiswa ilmu komunikasi, akhirnya Fresh Graduate. 😉

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bukan Pasar Abal-Abal, tapi Pasar Media Global

14 November 2018   04:46 Diperbarui: 14 November 2018   05:34 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pasar Media

Jika kita mendengar nama pasar, yang terbayang pastilah tempat yang dipenuhi oleh penjual, pembeli, barang-barang murah meriah, serta tawar menawar harga. Itu benar, namun pasar yang dimaksudkan dalam pembahasan kali ini bukanlah jenis pasar yang dideskripsikan di atas. Pasar yang dimaksudkan di sini adalah pasar media. 

Pasar media dapat diartikan sebagai target atau sasaran berupa produk maupun jasa yang dihasilkan media. Dalam pasar media ini yang terlibat di dalamnya adalah audience dan pengiklan. Audience dapat diartikan sebagai mereka yang menikmati dan mengonsumsi produk dari media. 

Pengiklan adalah mereka yang menggunakan media sebagai sarana untuk memberikan informasi maupun memasarkan produk atau jasa mereka. Contoh dari dua hal ini adalah saat media menayangkan sebuah program acara untuk menarik audience agar pengiklan mau untuk menempatkan iklannya di acara tersebut.

Pasar Media Global

Media tidaklah terpaku pada informasi, pesan, dan sumber daya untuk menanggapi ancaman pasar global dan peluang di dalamnya. Deregulasi dan liberalisasi sektor komunikasi internasional, telah disejejerkan dengan handphone dan satelit, yang menyebabkan pasar global bagi produk media.

 Konvergensi kedua media, teknologi serta adanya konvergensi vertikal telah menghasilkan media di beberapa perusahaan besar transnasional dengan implikasi perusahaan besar. Media global sendiri memiliki arti media yang mendunia, perusahaan media yang satu ini telah memiliki banyak cabang-cabangnya di berbagai negara. 

Mereka adalah perusahaan yang akan terus mengembangkan sayap distribusinya dengan melakukan pembelian saham dari media lainnya. Beberapa alasan mengapa perusahaan mau menerapkan sistem pemasaran global ini diantaranya adalah tingginya tingkat kebutuhan pasar, pertumbuhan ekonomi dunia yang akan selalu meningkat, perkembangan iptek dan teknologi yang semakin cepat, produk yang selalu meningkat kualitasnya, sebagai sarana untuk menciptakan perdamaian global.

Selain alasan di atas, tujuan diadakannya pemasaran global dintaranya bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan laba yang dimiliki, melakukan ekspansi, serta untuk menjaga kelangsungan perusahaan dari pesaing-pesaing kuat lainnya yang berasal dari berbagai negara. 

Manfaat yang didapatkan diantaranya adalah menghemat biaya dalam proses produksi, meningkatnya prefernsi bagi konsumen, dalam menghadapi kompetitornya teknik pemasaran yang dilakukan mengalami peningkatan.

Perdagangan Global Produk Media

Televisi,  saat ini televisi adalah media yang memiliki pengaruh cukup besar. Televisi bukan lagi sebagai media penyalur informasi namun juga sebagai tempat untuk melancarkan suatu  kepentingan bagi pihak tertentu. 

Agenda setting yang banyak dimunculkan dalam televisi sebagian besar dikemas dalam program acara berita. Jika masyarakat tidak cermat, agenda setting serta pengalihan isu yang dibuat oleh stasiun televisi ini akan mampu merubah sudut pandang pemirsanya dengan mudah.

Industri dalam dunia perfilman

Saat ini industri perfilman masih dikuasai oleh Hollywood, meski negitu negara China nampaknya telah mulai melebarkan industri perfilman negaranya secara besar-besaran. Hal ini nampak dari banyaknya film Hollowood yang juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan China selama beberapa tahun terakhir ini.

Periklanan

Dalam pasar global, periklanan adalah hal yang penting untuk memasarkan apa yang mereka miliki baik untuk media itu sendiri maupun untuk audience atau penonton-penontonnya. Semakin luas jangkauan serta makin banyak penonton d waktu-waktu tertentu dalam sebuah acara di televisi maka tarif iklan yang ditawarkan pun akan semakin mahal. 

Begitu juga dengan media cetak, jangakauan yang luas serta citra positif media cetak tersebut akan mempengaruhi dalam biaya periklanannya. Internet juga merupakan media yang sangat sering digunakan untuk periklanan mengingat usernya yang tidak perlu diragukan lagi jumlahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun