Mohon tunggu...
Hesti Sukma
Hesti Sukma Mohon Tunggu... Salam Kenal

Mahasiswa ilmu komunikasi, calon semester akhir. ūüėČ

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bukan Pasar Abal-Abal, tapi Pasar Media Global

14 November 2018   04:46 Diperbarui: 14 November 2018   05:34 175 0 0 Mohon Tunggu...

Pasar Media

Jika kita mendengar nama pasar, yang terbayang pastilah tempat yang dipenuhi oleh penjual, pembeli, barang-barang murah meriah, serta tawar menawar harga. Itu benar, namun pasar yang dimaksudkan dalam pembahasan kali ini bukanlah jenis pasar yang dideskripsikan di atas. Pasar yang dimaksudkan di sini adalah pasar media. 

Pasar media dapat diartikan sebagai target atau sasaran berupa produk maupun jasa yang dihasilkan media. Dalam pasar media ini yang terlibat di dalamnya adalah audience dan pengiklan. Audience dapat diartikan sebagai mereka yang menikmati dan mengonsumsi produk dari media. 

Pengiklan adalah mereka yang menggunakan media sebagai sarana untuk memberikan informasi maupun memasarkan produk atau jasa mereka. Contoh dari dua hal ini adalah saat media menayangkan sebuah program acara untuk menarik audience agar pengiklan mau untuk menempatkan iklannya di acara tersebut.

Pasar Media Global

Media tidaklah terpaku pada informasi, pesan, dan sumber daya untuk menanggapi ancaman pasar global dan peluang di dalamnya. Deregulasi dan liberalisasi sektor komunikasi internasional, telah disejejerkan dengan handphone dan satelit, yang menyebabkan pasar global bagi produk media.

 Konvergensi kedua media, teknologi serta adanya konvergensi vertikal telah menghasilkan media di beberapa perusahaan besar transnasional dengan implikasi perusahaan besar. Media global sendiri memiliki arti media yang mendunia, perusahaan media yang satu ini telah memiliki banyak cabang-cabangnya di berbagai negara. 

Mereka adalah perusahaan yang akan terus mengembangkan sayap distribusinya dengan melakukan pembelian saham dari media lainnya. Beberapa alasan mengapa perusahaan mau menerapkan sistem pemasaran global ini diantaranya adalah tingginya tingkat kebutuhan pasar, pertumbuhan ekonomi dunia yang akan selalu meningkat, perkembangan iptek dan teknologi yang semakin cepat, produk yang selalu meningkat kualitasnya, sebagai sarana untuk menciptakan perdamaian global.

Selain alasan di atas, tujuan diadakannya pemasaran global dintaranya bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan laba yang dimiliki, melakukan ekspansi, serta untuk menjaga kelangsungan perusahaan dari pesaing-pesaing kuat lainnya yang berasal dari berbagai negara. 

Manfaat yang didapatkan diantaranya adalah menghemat biaya dalam proses produksi, meningkatnya prefernsi bagi konsumen, dalam menghadapi kompetitornya teknik pemasaran yang dilakukan mengalami peningkatan.

Perdagangan Global Produk Media

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN