Mohon tunggu...
Hery The
Hery The Mohon Tunggu... -

Berbagi cerita secara lisan dan dalam bentuk tulisan merupakan kegiatan produktif seorang pembelajaran sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Website Blogging Gratis

4 November 2011   20:23 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:03 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Blogging sebenarnya bukan merupakan kegiatan baru saya. Namun, blogging di Kompasiana blog merupakan kegiatan baru. Ketertarikan untuk menuangkan tulisan di blogging Kompasiana terkait dengan berkembang pesatnya jumlah pengguna blog ini. Sebelum Kompasiana, blog yang sudah lama saya gunakan adalah blogger. Saya memiliki beberapa blog di blogger. Saat ini, karena banyaknya aktivitas menulis tugas kuliah dan juga riset, blog-blog tersebut terabaikan. Selain blogger, saya juga pernah menggunakan Wordpress. Ada juga software jejaring sosial gratis yang saya gunakan untuk memposting blog, yakni NING mini yang disponsori oleh Pearson, SPRUZ, GROU.PS, dan masih banyak lagi. Di masa lalu, friendster dan yahoo juga menyediakan fasilitas blogging. Saat ini, jejaring sosial paling populer di Indonesia, Facebook, juga memperkenankan pengguna memposting "catatan" (note), yang pada intinya hampir sama dengan blog. Selama posting tulisan pada blog-blog yang saya buat, tujuan utama adalah membagikan informasi yang saya miliki kepada orang lain. Saya selalu mengingatkan kepada pembaca blog bahwa tulisan saya adalah perpaduan hasil membaca berbagai sumber dan ide-ide saya. Oleh sebab itu, ketika menulis, tidak mungkin saya menghindari adanya interpretasi terhadap sumber-sumber yang saya gunakan. Kadang, interpretasi tersebut bisa berbeda dengan interpretasi anda sebagai pembaca yang lain. Oleh sebab itu, kritis dalam membaca sangat penting. Mengutip atau menjadikan blog saya sebagai referensi boleh-boleh saja, tetapi akan lebih baik jika mengacu pada sumber aslinya. Di tulisan ini, saya bertujuan memperkenalkan beberapa blog atau fasilitas blog lain yang mungkin pernah anda dengar, tetapi belum pernah dieksplorasi. Saya yakin, jika anda ingin menulis dalam bahasa lain, selain Bahasa Indonesia, dan ingin memperoleh ruang lingkup pembaca internasional, blog-blog ini juga dapat menjadi tempat menuangkan dan membagi tulisan. Catatan: Mudah-mudahan Kompasiana tidak marah dan tidak keberatan, karena saya tidak bertujuan menggiring blogger dari Kompasiana ke tempat lain. Tujuan saya adalah berbagi pengetahuan. [caption id="" align="aligncenter" width="289" caption="Resource: www.quertime.com"][/caption] Pertama, saya ingin menyebutkan nama blogger. Blogger terintegrasi dengan Google account. Oleh sebab itu untuk login, anda disarankan untuk menggunakan gmail account anda. Penggunaan account email lain diperkenankan, tetapi sedikit memerlukan pemahaman tentang trik dan cara kerjanya. Blogger juga sudah banyak digunakan oleh warga Indonesia, termasuk di sekolah-sekolah sebagai sarana untuk mengaktifkan siswa dalam menulis. Ada beberapa blog saya di blogger. Penempatan tulisan didasarkan pada kategori "pembaca" atau "bidang kajian". Tulisan-tulisan mengenai aktivitas komputasi sosial (social computation) dapat diakses melalui Social Computing 3.0. Account blogger yang relatif baru dan bertujuan menghidupkan kembali popularitas Ilmu Sosiatri ada di Sosiatri Update. Ikaika, yang dalam bahasa Hawaii berarti kuat/tangguh (untuk laki-laki), digunakan untuk memposting tulisan berkaitan dengan Sejarah. Pemikiran Sang Guru, saya gunakan untuk membagikan ide-ide saya mengenai alternatif peningkatan mutu pendidikan. Kedua, sosial networking yang pernah populer di bidang pendidikan karena memiliki fasilitas gratis adalah NING site. Satu setengah tahun yang lalu, website ini memutuskan untuk menghentikan fasilitas gratisnya dan mulai mengenakan bayaran pada pengguna. Banyak guru dan dosen yang menggunakan sosial networking ini untuk aktivitas kelasnya kecewa berat. Mereka akhirnya memutuskan beralih pada social networking lain yang memiliki fasilitas gratis, seperti spruz, grou.ps, termasuk blogger dan Facebook. Ada juga alternatif lain yang saya temukan bermanfaat seperti SocialGo dan Schoology. Hanya saja, untuk kedua terakhir yang saya sebutkan, saya belum melakukan eksplorasi lebih mendalam. Saya adalah termasuk salah seorang educator berdomisili di North America yang beruntung mendapatkan fasilitas penggunaan NING secara gratis. NING ini disponsori oleh Pearson dan sepertinya Pearson tetap melanjutkan sponsornya pada website saya tahun ini. Blog pada NING site ditujukan untuk membagikan budaya Indonesia dan juga menggalakan aktivitas menulis dalam bahasa Inggris. Jika anda tertarik untuk bergabung, silahkan lihat di FWF. Dalam melakukan manajemen FWF, saya dibantu oleh seorang penulis kajian wanita yang juga seorang editor bernama Latifah. Ketiga, saya juga adalah seorang spesialis di bidang teknologi pendidikan dan pengajaran. Sebagai bagian dari dedikasi saya pada bidang kajian tersebut, saya mengelompokkan tulisan-tulisan mengenai teknologi pendidikan di blog bernama ETEC Seminar. Tulisan-tulisan pada blog ini merupakan hasil pemikiran ketika saya mengambil matakuliah di program ETEC UH Manoa. Mudah-mudahan tulisan pada blog ini dapat memberikan informasi bagi anda yang tertarik dengan pendidikan dan aplikasi teknologi. Terakhir di tulisan ini, saya ingin memperkenalkan fasilitas freewriting/menulis bebas bernama writing.com dan 750words. Pada website yang pertama, anda akan memperoleh fasilitas umpan balik terhadap tulisan anda dari para sesama penulis di writing.com. Sementara untuk 750words, terdapat hadiah berupa label-label pada hompage anda jika anda terus menulis setiap hari. namun, jika anda lupa untuk satu hari saja, anda akan dikembalikan ke awal kembali dalam label "telur". Sistem dukungan sesama pengguna dan juga award yang ada pada kedua website ini merupakan daya tarik sendiri bagi penulis. Selain itu, mereka juga mengadakan kompetisi-kompetisi menulis seperti yang sering dilakukan oleh kompasiana. Masih banyak lagi fasilitas menulis, software atau blog gratis yang terdapat di Internet yang tidak dapat saya bahas satu persatu di blog kali ini. Untuk menyebutkan beberapa diantaranya adalah Livejournal, yang populer di film The Social Network; Blogster; Xanga; Open Diary, dsbnya. Silahkan membaca tulisan mengenai 40+ Free Blog Hosts untuk mengetahui lebih banyak mengenai fasilitas blogging gratis tersebut. Perlu diingat, semua fasilitas tersebut GRATIS, namun tidak ada jaminan bahwa data anda akan tetap berada di server hosting website tersebut jika mereka memutuskan berhenti menyediakan jasa layanan atau berhenti dari bisnisnya. Jika tujuan anda adalah berbagi informasi dan anda tulus dalam membagikannya, maka tidak ada masalah untuk tidak melakukan backup data. Namun, jika anda ingin tulisan tersebut tetap anda miliki, anda perlu membackup tulisan pada blog anda di komputer anda dan juga storage yang lain. Sebagai penutup, selamat menjelajah dunia blogging. Silahkan kirim komentar, pertanyaan, dan juga saran melalui kolom di posting ini.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun