Mohon tunggu...
Hery Sinaga
Hery Sinaga Mohon Tunggu... Abdi Negara dan Masyarakat

Pahit atau manis, di telan aja.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Inilah 2 Alasan Utama Memanfaatkan Momentum Menjadi Pengusaha UMKM

7 Mei 2021   22:47 Diperbarui: 10 Mei 2021   02:00 572 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 2 Alasan Utama Memanfaatkan Momentum Menjadi Pengusaha UMKM
ilustrasi UMKM. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Ada sebuah adagium yang berkata bahwa kalau ingin kaya, ya jadi pengusaha. Mungkin kalimat itu benar adanya, karena menjadi seorang pengusaha memiliki penghasilan yang cenderung fluktuatif.

Tidak seperti pekerja kantoran yang sudah memiliki gaji bulanan yang jumlah nominalnya sudah pasti setiap bulannya dan cenderung dapat di kalkulasikan setiap tahunnya berapa jumlah sisa penghasilannya setelah dikurangi dengan biaya hidup disetahunkan.

Mungkin sebagian dari kita ada yang berusaha untuk mencari tambahan penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan yang menghasilkan. 

Sebut saja diantara pekerjaan sampingan yang menghasilkan itu menjadi driver ojek online, berjualan makanan dirumah ataupun menjadi reseller atau dropshipper dari sebuah produk dagangan.

Tentu sah-sah saja ketika ada yang melakukan pekerjaan sampingan demi mendapatkan tambahan penghasilan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan self loved ataupun kebutuhan utama yang tidak dapat dicukupi dengan penghasilan dari pekerjaan utamanya.

Untuk menjadi pengusaha, tentu tidak mudah untuk menjalaninya. Selain daripada butuh modal untuk membuat sebuah produk atau bisnis, faktor passion menjadi hal yang sangat penting untuk dijadikan modal utama bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia wirausaha.

Bagi kalian yang saat ini mempunyai passion atau jiwa seorang pengusaha, ada baiknya apabila passion kalian itu diterjemahkan dan diimplementasikan secara real dengan menjalankan sebuah bisnis dengan totalitas penuh.

Tidak harus menjadi pengusaha perusahaan yang besar, menjadi pengusaha UMKM sudah cukup bisa menjadi pilihan bagi kalian untuk menjalankannya. 

Selain daripada tidak membutuhkan terlalu banyak modal usaha, menjadi pengusaha UMKM juga memberikan peluang yang sangat menjanjikan untuk kedepannya.

Bisnis UMKM Menjanjikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN