Mohon tunggu...
Hery Sinaga
Hery Sinaga Mohon Tunggu... Abdi Negara dan Masyarakat

Pahit atau manis, di telan aja.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Manfaat Kartu Prakerja untuk Mendapatkan Keahlian yang Dibutuhkan Dunia Kerja

15 Maret 2021   16:30 Diperbarui: 16 Maret 2021   12:03 126 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Kartu Prakerja untuk Mendapatkan Keahlian yang Dibutuhkan Dunia Kerja
cianjurtoday.com

Pemerintah kembali membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang 14 yang akan ditutup pada tanggal 14 Maret 2021 pukul 12.00 WIB. Kartu prakerja gelombang 14 ini akan membuka kesempatan kepada 600.000 orang peserta.

Pendaftaran akan dilakukan pada website prakerja.go.id dan bagi peserta yang tidak lolos pada gelombang sebelumnya, bisa untuk kembali mendaftar pada gelombang ini. Namun bagi mereka yang sudah pernah mendapatkan bantuan kartu prakerja gelombang sebelumnya tidak diperbolehkan lagi untuk mendaftar.

Untuk kita pahami bersama, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. (sumber : prakerja.go.id)

Dilansir lagi dari situs prakerja.go.id, Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Peserta yang lulus seleksi  Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 3,5 juta rupiah dengan rincian Rp. 600 ribu untuk pelatihan setiap bulan selama 4 bulan atau total Rp. 2,4 juta, 1Rp. 1 juta insentif biaya pelatihan serta Rp. 150 ribu sebagai biaya survey.

republika.co.id
republika.co.id
Bagi kalian yang ingin mendaftar dan belum memahami tahapan serta syarat dan ketentuan pendaftaran, dapat melihat pada laman prakerja.go.id, di sana telah disajikan secara lengkap panduan untuk proses pendaftaran langkah demi langkah di antaranya:
  • langkah pertama cara daftar;
  • langkah 2 tes motivasi dan kemampuan dasar;
  • langkah 3 jenis pelatihan yang kamu inginkan.

Pada laman prakerja.go.id juga disediakan mitra platform digital yang menyediakan jenis pelatihan yang dapat dipilih oleh peserta setelah dinyatakan lulus seleksi.

Bagi kalian yang ingin mendaftar Kartu Prakerja dan masih bingung menentukan jenis keahlian apa yang akan dipilih pada saat pelatihan, berikut jenis keahlian yang sebaiknya dipelajari oleh kalian pemilik kartu prakerja berdasarkan sub sektor usaha ekonomi kreatif dan potensi terserap di sektor lapangan kerja.

I. Berdasarkan sub sektor ekonomi kreatif

1. Sub sektor Desain Grafis

Menurut kajian Badan Ekonomi Kreatif dalam rencana strategis 2015-2019 desain grafis punya peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis pengusaha swasta, pemilik merk dan memiliki potensi pasar domestik sangat menjanjikan terutama dengan semakin banyaknya praktisi DKV lokal yang lebih memahami situasi pasar, pengetahuan dan nilai-nilai lokal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN