Mohon tunggu...
Hery Sinaga
Hery Sinaga Mohon Tunggu... Abdi Negara dan Masyarakat

Pahit atau manis, di telan aja.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tepi Danau Bistro, Geliat Bisnis Kuliner di Kawasan Danau Toba

11 Maret 2021   23:14 Diperbarui: 12 Maret 2021   02:16 427 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tepi Danau Bistro, Geliat Bisnis Kuliner di Kawasan Danau Toba
dok. pribadi (foto makanan dan minuman pesanan kami)

Siang tadi, saya bersama keluarga menyempatkan waktu mengisi liburan membawa anak yang kebetulan memang sudah jadwalnya imunisasi vaksin MMR di usia yang ke-15 bulan ke dokter anak di daerah Balige, ibukota dari Kabupaten Toba.

Berangkat dari Tarutung sekitar jam 2 siang, kami tiba di daerah Balige pada pukul 15.30 WIb, hampir memakan waktu selama 1 jam 30 menit diperjalananan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Jarak Tarutung ke Balige sekitar 49 KM.

Selesai imunisasi dari praktik dokter anak tempat anak kami imunisasi, untuk mengisis perut yang sudah mulai lapar, kami menyempatkan berkunjung ke salah satu destinasi wisata kuliner yang masih anyar di daerah Balige, nama nya adalah "Tepi Danau Bistro".

Berada di lokasi dekat tepian Danau Toba, menjadikan Tepi Danau Bistro  sebagai tempat kuliner yang instagramable yang patut dikunjungi oleh siapa saja yang tinggal di daerah Balige maupun wisatawan domestik. letaknya pun tidak jauh dari kota Balige. Tepi Danau Bistro berlokasi di Jalan Tuan Diatas Sangkar Nihuta Balige (searah Hotel Op.Herti).

Sejak Kaldera Toba ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark, Danau Toba menjadi pusat perhatian dari Pemerintah Pusat dan menetapkan Kaldera Toba sebagai destinasi wisata super prioritas atau 10 Bali Baru.

Tentu ini Menjadi daya tarik bagi siapa saja yang ingin membangun bisnis kuliner ataupun jasa tour and travel maupun perhotelan karena memiliki potensi akan berkembang untuk ke depannya.

Dan tentu ini sangat diharapkan semakin masif berdiri bisnis-bisnis baru yang bergerak di sektor kuliner, tour and travel maupun perhotelan sebagai entitas pendukung dalam menyambut, mendukung dan memajukan kawasan danau toba sebagai destinasi wisata super prioritas.

Dari sekian bisnis kuliner, Fashion dan hotel yang ada didaerah Balige sekitarnya, sebut saja Green's Cafe atau Marsaringar, Hutanta Coffee, yang bergerak di bidang usaha kuliner, Batikta yang bergerak di sektor Fashion (pakaian bermotif ulos batak), Hotel Sere Nauli di Laguboti, dan yang paling anyar berdiri adalah Hotel Labersa  milik pengusaha Hutahaean Group yang berlatar Danau Toba dengan wahana waterpark, serta tidak ketinggalan adalah Tepi Danau Bistro yang masih anyar berdiri tempat yang kami kunjungi tadi sore.

Dari sekian bisnis kuliner, fesyen dan perhotelan yang berdiri di daerah kawasan danau toba khususnya Balige, adalah bukti bahwa Danau Toba sedang menjelma menjadi daerah wisata yang akan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Ini menandakan bahwa bisnis kuliner, fashion dan perhotelan sedang menggeliat didaerah toba khususnya Balige yang nantinya bisa memajukan wisata di kawasan danau toba.

Pun juga harus didukung oleh semua pihak baik pemerintah daerah Kabupaten Toba dan masyarakat sekitar agar tetap menjaga kenyamanan dan keindahan daerah nya sehingga wisatawan tidak jera atau kapok berkunjung ke tempat-tempat kuliner maupun wisata yang ada di daerah kawasan danau toba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x